Breaking News:

Kenali Gejala Seluruh Varian Covid-19, Varian SARS-CoV-19, Varian Alpha, Varian Beta, Varian Delta

Tetap perketat Protokol Kesehatan (Prokes) di tengah kasus Covid-19 di Indonesia yang belum mereda.

Editor: Ilham Yafiz
JUNI KRISWANTO / AFP
Petugas kesehatan memindahkan pasien virus corona COVID-19 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Tetap perketat Protokol Kesehatan (Prokes) di tengah kasus Covid-19 di Indonesia yang belum mereda.

Sejumlah varian baru virus SARS-CoV-2, Covid-19 muncul dan sudah masuk ke Indonesia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan beberapa varian Covid-19 sebagai Variant of Concern (VOCs), yaitu varian Alpha (UK), varian Beta (Afrika Selatan), varian Gamma (Brazil) dan varian Delta (India).

Sedangkan, yang termasuk dalam klasifikasi kedua yaitu Varian of Interest (VOIs) adalah Varian Epsilon, varian Iota (Amerika Serikat), varian Zeta (Brazil), varian Theta (Philipina), dan varian Kappa (India).

Sejauh ini diyakini, bahwa varian baru Covid-19 telah menambah beban pasien dari segi keparahan gejala, dibandingkan dengan virus aslinya.

Serta, beberapa di antaranya memiliki kemampuan penularan yang lebih progresif dan cepat hingga 20 persen dibandingkan dengan virus aslinya.

Munculnya varian-varian baru akibat mutasi virus SARS-CoV-2 merupakan hal yang wajar. Varian-varian baru Covid-19 akan terus muncul, terlebih jika penularan dan mobilitas masyarakat masih tidak dapat terkendali.

Oleh karena itu, hal yang terpenting dilakukan masyarakat adalah patuh protokol kesehatan, dan segera melakukan isolasi mandiri atau memeriksakan diri ke rumah sakit jika muncul beberapa gejala yang dicurigai akibat infeksi Covid-19.

Berikut perbedaan gejala-gejala infeksi Covid-19 yang perlu diwaspadai dari beberapa varian, yakni;

1. Varian awal SARS-CoV-19

Halaman
1234
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved