Breaking News:

Posyandu pada Masa Pandemi Covid-19, Jaga Anak dari Terpapar Covid-19

Pelaksanaan posyandu yang sempat terhenti sebagai antisipasi penyebaran Covid-19, akhirnya bisa kembali digelar pada tanggal 21 Juli 2021

Penulis: Nolpitos Hendri | Editor: Nolpitos Hendri
Istimewa
Posyandu pada Masa Pandemi Covid-19, Jaga Anak dari Terpapar Covid-19 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Pelaksanaan posyandu yang sempat terhenti sebagai antisipasi penyebaran Covid-19, akhirnya bisa kembali digelar pada tanggal 21 Juli 2021 di Balai Desa Pangkalan Bunut.

Hal ini dilakukan guna memantau tumbuh kembang anak yang sempat terganggu karena pandemi Covid-19.

Pelaksanaan pelayanan posyandu untuk balita dibuka sesuai jadwal, pelaksanaan kegiatan posyandu diawasi oleh petugas puskemas yang sudah paham protokol kesehatan yang harus dilakukan.

Seorang ibu yang mengantarkan anaknya ke posyandu akan memiliki tingkat keamanan lebih baik daripada ketika ibu tersebut berbelanja ke pasar ataupun Toserba.

Sebab, ketika di posyandu mereka akan dicek suhu tubuhnya dan diharuskan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ke posyandu.

Semisal mereka tidak memakai masker, pihaknya pun telah menyediakan masker.

Petugas kesehatan dari puskesmas juga akan melakukan screening ketat kepada para kader yang bertugas di posyandu.

Khususnya sebelum melakukan pelayanan di posyandu.

Screening wajib dilakukan demi memberi aman ke semua pihak.

Para petugas yang melakukan pelayanan dipastikan sehat, begitu pun dengan sasaran layanan pelayanan posyandu.

Mahasiswa KKN Pangakalan Bunut membantu pihak posyandu dalam melaksanakan pemeriksaan rutin bulanan untuk balita di Pangkalan Bunut yang diadakan di posko posyandu Pangkalan Bunut.

posyandu yang sudah ada dimasyarakat saat ini sangat berperan dalam mendukung pembangunan kesehatan ibu dan anak.

Pada masa normal, posyandu Balita yang selama ini berjalan dengan baik dan rutin dilakukan satu kali dalam satu bulan dan pembinaan yang dilakukan oleh Puskesmas secara bergantian di masing-masing posyandu yang sudah tersebar di masing-masing RW tersebut sangat membantu masyarakat utamanya kesehatan ibu dan anak.

Saat virus covid 19 merebak otomatis banyak pelayanan posyandu yang dinonaktifkan tidak melakukan hari buka posyandu untuk mencegah penularan virus meluas dan pastinya ada rasa khawatir yang dirasakan orang tua balita untuk datang ke posyandu.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved