Breaking News:

Wujudkan Siak Hijau Utamakan Nilai Konservasi dan Restorasi Gambut,Ini yang Dilakukan Bupati Alfedri

Pengembangan kabupaten Siak mengutamakan nilai konservasi dan restorasi di lahan gambut sebagai tindak lanjut dari program Siak Hijau

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Bupati Siak menyusuri jalur lain ke Taman Nasional Zamrud. Pengembangan Siak Hijau tetap utamakan nilai konservasi dan restorasi lahan gambut. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri tetap komitmen mewujudkan Kabupaten Siak Hijau. Pengembangan kabupaten ini mengutamakan nilai konservasi dan restorasi di lahan gambut sebagai tindak lanjut dari program Siak Hijau.

“Kabupaten Siak ini mempunyai nilai kekayaan gambut terbesar di Sumatera, tentu saja pengembangan kita ke depan terhadap restorasi lahan gambut ini,” kata Alfedri, Selasa (14/9/2021).

Alfedri menjelaskan, 57 persen dari total wilayah Kabupaten Siak merupakan lahan gambut.

21 persen dari total lahan gambut itu merupakan lahan gambut dengan kedalaman 5-12 meter.

“Salah satu fokus dari perwujudan visi lestari yang kami cantumkan dalam visi misi kami, yaitu fokus pada komoditas unggulan kabupaten serta upaya untuk mengatasi dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan,” kata Alfedri.

Ia melanjutkan, sejak 2018 lalu Kabupaten Siak telah bergabung menjadi anggota forum kolaborasi pembangunan berkelanjutan yaitu Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL).

Sejak itu Pemkab Siak melihatkan komitmennya secara nasional dalam menjaga kelestarian alam melalui deklarasi Siak Hijau.

“Kebijakan ini telah kita tuangkan ke dalam Peraturan Bupati nomor 22 tahun 2018 tentang inisiatif Siak Hijau yang berfokus pada konservasi, perkebunan, industri dan permukiman,” kata dia.

Lebih lanjut Alfedri menerangkan, pihaknya akan terus berkomitmen untuk menjaga kelestarian alam melalui deklarasi Siak Hijau.

Meski saat ini masa pandemi Covid-19, tindak lanjut program Siak Hijau tetap diwujudkan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved