Breaking News:

Berita Siak

Bupati Siak Lepas Peserta Bersepeda Napak Tilas Sejarah Perang Guntung

Bupati siak Alfedri bersepeda memperingati 262 tahun perang Guntung, yakni perang pasukan Tengku Buwang Asmara dengan Belanda di Selat Guntung

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Bupati Siak Alfedri memimpin rombongan bersepeda dari Kecamatan Mempura ke Masjid Alhidayah Selat Guntung, Kecamatan Sabak Auh, Sabtu (6/11/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Puluhan orang mengikuti kegiatan bersepeda dari Mempura ke Selat Guntung, Kecamatan Sabak Auh, Sabtu (6/10/2021). Kegiatan tersebut dilepas Bupati Siak Alfedri di lokasi start, Kampung Tengah, Kecamatan Mempura.

Peserta gowes dalam rangka bapak tilas dan jelajah sejarah ini diikuti oleh puluhan orang, baik dari kalangan pejabat maupun dari kalangan masyarakat dan komunitas sepeda.

Kegiatan bersepeda ini dibagi menjadi 2 kelompok, yakni kelompok perempuan dan kelompok laki-laki.

Kelompok perempuan langsung dipimpin istri Bupati Siak, yakni Rasidah Alfedri.

Sedangkan kelompok laki-laki yang berada pada barisan belakang, dipimpin langsung Bupati Siak Alfedri.

“Kegiatan ini dalam rangka menggaungkan sejarah perlawanan Sultan Siak II kepada kolonial Belanda, yakni Tengku Buwang Asmara yang bergelar Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffarsyah,” kata Alfedri.

Ia menjelaskan,kegiatan bersepeda yang menempuh jarak 60 kilometer lebih ini finish di halaman Masjid Alhidayah Kampung Selat Guntung, Kecamatan Sabak Auh.

Kegiatan ini sekaligus memperingati 262 tahun peristiwa perang Guntung, yakni perang pasukan Tengku Buwang Asmara dengan Belanda di Selat Guntung.

Kegiatan ini juga mendukung upaya pengusulan Tengku Buwang Asmara menjadi pahlawan nasional.

"Kegiatan ini dilaksanakan agar kita dan masyarakat Kabupaten Siak mengingat kembali perjuangan Sultan Siak II Tengku Buwang Asmara atas keberaniannya perang melawan Belanda yang terjadi di Selat Guntung sekitar tahun 1759," kata dia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved