Breaking News:

Gaji Cuma Numpang Lewat? Simak Cara Berikut Ini Agar Gaji Tak Habis Begitu Saja

Dari penghasilan atau gaji, kita bisa menabung, berinvestasi, berasuransi atau mempersiapkan dana darurat.

Editor: Ilham Yafiz
hai.grid.id
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Ketahui cara menjaga gaji agar tidak cuma numpang lewat, gali tutup lubang, bayar hutang.

Dari penghasilan atau gaji, kita bisa menabung, berinvestasi, berasuransi atau mempersiapkan dana darurat.

Meski demikian, sering kali peghasilan kita ludes duluan untuk membayar tagihan rutin serta membeli barang yang kita inginkan saja tanpa semmpat menyisihkannya.

Ini lah yang disebut dengan siklus gaji hanya numpang lewat untuk membayar kebutuhan sehari-hari tanpa dapat disisihkan untuk ditabung maupun investasi.

Siklus paycheck to paycheck ini tentunya memberikan dampak yang tidak baik bagi keamanan finansial di masa depan.

Contohnya timbul krisis finansial saat kejadian tidak terduga datang karena tidak memiliki dana darurat ataupun proteksi.

Harus bekerja hingga tua untuk memenuhi kebutuhan hidup secara mandiri.

Dikutip dari keterangan tertulis Lifepal.co.id yang diterima Kompas.com, sebagai platform marketplace asuransi, membagikan 3 tips menghindari siklus gajian yang cuma numpang lewat.

1. Evaluasi catatan pengeluaran

Buatlah catatan pengeluaran dan perhatikan atau evaluasi ke mana larinya pengeluaran Anda. Apakah sebagian besar uang tersebut lari ke kebutuhan pokok atau ke hal yang bersifat keinginan saja yang sebenarnya belum diperlukan.

Jika ternyata lebih mengedepankan keinginan daripada kebutuhan maka harus waspada. Mulailah perbaiki arus kas atau cashflow Anda sedini mungkin.

Karena jika sampai tidak ada surplus di catatan keuangan Anda, sudah pasti tidak akan memiliki aset untuk ditabung, berinvestasi maupun proteksi guna mempersiapkan masa depan. Ibaratnya besar pasak daripada tiang.

2. Tambah pemasukan jika memang kurang

Setelah mengevaluasi pengeluaran ternyata ditemukan bahwa pemasukan memang kurang karena pengeluaran dan kebutuhan pokok atau wajib terlalu besar maka tambahlah pemasukan Anda.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved