Breaking News:

Video berita

VIDEO: UIN Suska Riau Resmikan Laboratorium PLTS Pertama di Riau

Ketua Panitia Pelaksana Peresmian Dua Laboratorium, Dr Kunafi menjelaskan hadirnya laboratorium ini untuk menunjang pembelajaran bagi mahasiswa,

Penulis: Ikhwanul Rubby | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarief Kasim (Suska) Riau resmikan dua fasilitas pendidikan baru.

Dua fasilitas pendidikan tersebut antaranya Laboratorium Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Laboratorium Sistem Informasi.

Peresmian ini langsung dilakukan oleh Rektor UIN Suska Riau, Hairunnas Rajab MAg dan disaksikan juga oleh perwakilan Pertamina Hulu Rokan, PLN, Dinas ESDM Provinsi Riau dan beberapa rekanan lainnya.

Kedua laboratorium ini jadi fasilitas terbaru UIN Suska Riau dan menjadi unggulan perguruan tinggi tersebut.

Salah satu laboratorium yang dibuat yakni Laboratorium PLTS jadi fasilitas laboratorium yang pertama ada di Sumatera.

Ketua Panitia Pelaksana Peresmian Dua Laboratorium, Dr Kunafi menjelaskan hadirnya laboratorium ini untuk menunjang pembelajaran bagi mahasiswa, terkhusus bidang Prodi Teknik Elektro.

Ia menjelaskan, Prodi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau jadi perguruan tinggi perdana yang menyediakan program kekhususan Energi yang berfokus pada energi terbarukan.

"Sejak 2010 kita sudah ada program ini, agar dapat menunjang program kekhususan ini maka dibutuhkan sebuah fasilitas dan perangkat bagi para mahasiswa melakukan praktikum. Dengan adanya sarana ini akan jadi pelengkap dalam belajar para mahasiswa," ungkapnya.

Ia menuturkan dalam penyediaan fasilitas ini, UIN Suska melibatkan para alumninya dan mahasiswa.

"Untuk fasilitas ini kita bekerjasama dengan PT Prima Khatulistiwa Sinergi yang merupakan penyedia lokal perangkat PLTS di Riau, yang didalamnya terdapat para alumni UIN Suska Riau," tuturnya.

Ia menuturkan secara menyeluruh fasilitas ini telah terpasang dan siap 90 persen.

Pada fasilitas PLTS ini UIN Suska melalui PT Prima Khatulistiwa Sinergi menerapkan sistem PLTS On Grid.

Dimana dengan sistem yang mutakhir ini, memungkinkan PLTS dapat dimanfaatkan tanpa menggunakan baterai, tapi memanfaatkan jaringan listrik PLN.

Fasilitas PLTS yang terpasang di bagian atas gedung Laboratorium Sains dan Teknologi UIN Suska Riau ini berkapasitas 3,6 kWp.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved