Breaking News:

Swab Massal Pegawai Dinas PUPR Riau

Puluhan Pegawai Dinas PUPR Riau Positif Covid-19 Hasil Swab Massal Langsung Diminta Isolasi Mandiri

Puluhan pegawai Dinas PUPR Riau yang dinyatakan positif Covid-19 langsung diminta untuk kembali ke rumah masing-masing.

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Ariestia
Istimewa
Pegawai dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau mendadak dikumpulkan di aula kantor Dinas PUPR Riau, Jalan SM Amin Pekanbaru, Selasa (22/2/2022) untuk swab massal. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Puluhan pegawai Dinas PUPR Riau yang dinyatakan positif Covid-19 langsung diminta untuk kembali ke rumah masing-masing.

Mereka diminta untuk melakukan isolasi mandiri selama 10 hari kedepan.

Seluruh pegawai yang dinyatakan positif ini akan dipantau oleh tim medis dan petugas dari Satgas Covid-19 di OPD.

"Kalau bergejala, panas tinggi, nanti kita rujuk ke rumah sakit, atau di tempat isolasi terpadu, nanti Satgas yang akan membantu," kata Sekdaprov Riau, SF Hariyanto saat meninjau swab massal di Aula Kantor Dinas PUPR Riau, Jalan SM Amin Pekanbaru‎, Selasa (22/2/2022).

Anto menegaskan, bagi pegawai yang dinyatakan positif Covid-19 akan dibantu obat-obatanya secara gratis oleh petugas medis. Baik dari Puskemas maupun rumah sakit.

"Iya obat-obatanya nanti kita berikan secara gratis, tes PCR nya nanti juga kita bantu, itu sesuai arahan dan perintah dari pak gubernur," ‎katanya.

Seperti diketahui, sebanyak 500 pegawai dinas PUPR Riau menjalani swab massal di Aula Kantor Dinas PUPR Riau, Jalan SM Amin Pekanbaru, Selasa (22/2/2022).

Mereka satu persatu menjalani pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR).

Dari jumlah tersebut ditemukan ada 20 an pegawai yang dinyatakan positif Covid-19.

Tes PCR massal ini dilakukan untuk memastikan para pegawai di lingkungan Dinas PUPR Riau bebas dari paparan Covid-19.

Sebab sebelumnya ada 18 pegawai PUPR Riau yang dinyatakan positif Covid-19.

Kali ini hasilnya pun cukup mengejutkan, setelah satu per satu pegawai di lingkungan Dinas PUPR Riau ini diambil sampelnya.

Hasilnya ditemukan ada 20 an pegawai yang dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani tes PCR.

"Sampai siang ini sudah ada 20 pegawai yang positif, kita perkirakan akan bertambah, karena belum seluruhnya diambil sampelnya, kita tunggu sampai nanti sore," kata Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, Selasa (22/2/2022).

Sementara Sekdaprov Riau yang juga Plt Kepala Dinas PUPR Riau, ‎SF Hariyanto saat meninjau pelaksanaan PCR massal di Kantor Dinas PUPR Riau mengungkapkan, pemeriksaan PCR bagi pegawai PUPR ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Sebab saat ini banyak kasus pasien Covid-19 yang tidak bergejala.

Sehingga bisa menularkan kemana-mana.

"Makanya mereka hari ini kita kumpulkan disini, ada 500 orang, kita swab, ternyata benar, ada banyak yang positif, katanya.

Langkah ini dilakukan agar penyebaran Covid-19 di lingkungan kantor dinas PUPR tidak terjadi. Sebab dengan munculnya virus varian omicron, penularanya sangat cepat. Meskipun risiko kematianya kecil.

"Memang kondisi yang positif ini tidak bergejala, mereka biasa-biasa saja, karena mereka kan rata-rata sudah divaksin, kalau ini kita biarkan kan bisa menyebarkan kemana-mana," ujarnya.

Pelaksanaan swab massal di lingkungan Dinas PUPR Riau dijadwalkan akan berlanjut. Sebab pihaknya tidak ingin ada pegawai yang positif Covid-19 dan tetap masuk kerja, sehingga bisa menularkan kemana-mana.

"Hari ini ada 500 orang, besok kita lanjutkan lagi, kita tracing lagi, yang jelas jangan sampai ada yang tertinggal, karena kalau ada satu saja yang positif itukan bisa menularkan kemana-mana," ujarnya.

SF Hariyanto menegaskan kepada seluruh pegawai Pemprov Riau yang belum divaksin agar segera divaksin. Sebab dengan vaksinasi, bisa mengurangi gejala saat seseorang terpapar Covid-19.

"Hari kamis besok kita akan adakan vaksinasi massal disini, jadi semua pegawai harus divaksin, baik vaksin 1, 2 dan 3. Kalau tidak mau divaksin, kita akan berikan sanksi, tidak alasan, kalau tidak bisa divaksin harus ada surat keterangan tidak bisa divaksin," katanya. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgio)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved