Breaking News:

Berita Siak

Serem, Harimau Berkeliaran Masuk Pemukiman Warga di Siak, Sebelumnya Memangsa Seeekor Anjing

Harimau terlihat oleh warga masuk ke wilayah pemukiman Kampung Tasik Betung, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Nurul Qomariah
Tribun Pekanbaru
Ilustrasi Harimau Sumatera. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Warga Kampung Tasik Betung, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau dihebohkan dengan kemunculan Harimau Sumatera,Selasa (12/4/2022).

Hewan bernma Latin Phantera Tigris tersebut terlihat oleh warga masuk ke wilayah pemukiman.

Camat Sungai Mandau, Yudha Rajasa membenarkan peristiwa tersebut.

Sejak bergulirnya informasi itu, warga setempat takut keluar rumah apalagi turun ke ladang hingga Rabu (13/4/2022) ini.

“Informasi ini beredar setelah ada warga yang merekam video atas kemunculan harimau tersebut,” kata Yudha.

Ia mengatakan, dalam rekaman video itu terlihat harimau masuk di pemukiman penduduk dan mengengelilingi rumah seorang warga, bernama Marlon Tamba.

Tepatnya di RT 04 RW 03 Dusun 2 Tasik Betung.

“Informasi yang kami terima, kejadiannya menjelang Magrib. Padahal belum lama sebelumnya juga ada harimau masuk ke pemukiman dan memangsa seekor anjing,” kata dia.

Yudha mengatakan, pihaknya sudah menghubungi pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau terkait munculnya harimau di pemukiman warga.

"Hari ini, kami bersama Upika dan BBKSDA Riau akan turun ke lokasi, tim BBKSDA akan memasang kamera trap, dan kami akan melakukan pengamanan untuk warga kami," kata Yudha.

Yudha mengimbau agar masyarakat tidak keluar rumah, hingga situasi sudah aman.

"Selama kami bertugas di Sungai Mandau ini, belum pernah ada kejadian masuknya harimau di pemukiman warga, ini baru pertama kali,” kata Yudha.

“ Kejadian yang selalu ada gajah masuk pemukiman. Kejadian harimau memangsa anjing sebelum saya pindah ke sini,” imbuhnya.

Yudha mengatakan, Kampung Tasik Betung ini merupakan kampung perbatasan antara Kabupaten Siak dengan Kabupaten Bengkalis. Kampung tersebut juga merupakan berbatas dengan kawasan cagar biosfer Giam Siak Kecil (GSM).

"Kalau kejadian munculnya harimau ini apakah masuk di kawasan Giam Siak Kecil, kami belum bisa memastikan," ujar Yudha.

Diketahui, Kampung Tasik Betung berbatasan dengan Desa Tasik Serai Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis. Pada desa tersebut beberapa hari yang lalu terjadi kejadian harimau memangsa manusia hingga tewas.

( Tribunpekanbaru.com / Mayonal Putra )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved