Breaking News:

Berita Dumai

Kangen-kangenan Sama Pacar hingga Kebablasan Izin Tinggal, Jong Pei Liang Dideportasi ke Malaysia

Jong Pei Liang (34) dideportasi ke negaranya Malaysia oleh Kantor Imigrasi kelas II TPI Dumai karena overstay

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Jong Pei Liang (34) dideportasi ke negaranya Malaysia oleh Kantor Imigrasi kelas II TPI Dumai. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Jong Pei Liang (34) dideportasi ke negaranya Malaysia oleh Kantor Imigrasi kelas II TPI Dumai. Awalnya dia berkunjung untuk kangen-kangenan dengan pacarnya yang ada di Jambi, tapi lupa batas waktu hingga overstay.

Deportasi dilakukan di pelabuhan Internasional Dumai, Senin (6/6/2022) kemarin.

Kepala Imigrasi Kelas II TPI Dumai, Rejeki Putra Ginting membenarkan bahwa pihaknya telah mendeportasikan seorang warga negara asing (WNA) asal Malaysia atas nama Jong Pei Liang.

Jong dideportasi oleh pihaknya karena melakukan pelanggaran Keimigrasiaan dengan melebihi batas tinggal yang telah diberikan atau overstay selama 3 tahun.

"Selain deportasi (dipulangkan ke negara asalnya) kita juga melakukan pencekalan (larangan masuk ke negara Indonesia) tehadap Jong Pei Liang, " katanya, Selasa (7/6/2022).

Lebih lanjut dijelaskanya, Jong Pei Liang masuk ke Indonesia melalui bandara Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru pada 23 Juli 2019 yang lalu.

Setiba di Pekanbaru, Jong Pei Liang langsung menuju ke Jambi untuk bertemu dengan sang pacar atau calon istrinya yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

Dijelaskanya, Jong Pei Liang diamankan saat hendak balik ke Malaysia pada 27 Mei 2022 lalu.

Saat tiba di Pelabuhan Internasional Dumai, petugas pemeriksa di lapangan melakukan pengecekan paspornya.

Karena ditemukan adanya dugaan pelanggaran keimigrasian Jong Pei Liang langsung diamankan di kantor Imigrasi kelas II TPI Dumai untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Ginting menerangkan, dari pemeriksaan lanjutan, Jong Pei Liang terbukti melakukan pelanggaran Keimigrasiaan pasal 78 ayat (3) UU No. 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian.

"Sesuai arahan dari Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Riau kepada kami, maka pada hari ini, Senin (6/6/2022) warga negara, Malaysia, atas nama Jong Pei Liang kami berikan tindakan administratif keimigrasian,” paparnya.

“Berupa deportasi ke negara asalnya dan dilakukan pencekalan," imbuhnya.

Dirinya mengaku, bahwa pihaknya mengambil tindakan tegas dengan melakukan deportasi sekaligus pencekalan ini, agar ada efek jera kepada orang asing yang melakukan pelanggaran keimigrasian.

"Kita juga memberikan imbauan kepada orang asing yang akan masuk ke Indonesia, agar bisa selalu mematuhi peraturan perundang - undangan yang berlaku dinegara Indonesia ini, " pungkasnya

( Tribunpekanbaru.com / Donny Kusuma Putra )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved