Breaking News:

Berita Pelalawan

JCH Pelalawan Isolasi Mandiri Sebelum Swab PCR Jelang Keberangkatan, Dibekali Video Tutorial Manasik

JCH Kabupaten Pelalawan, Riau tahun 2022 disarankan menjalani isolasi mandiri sebelum dilakukan pemeriksaan swab PCR Covid-19.

Penulis: johanes | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Johannes Tanjung
Bupati Pelalawan H Zukri melepas sebanyak 141 JCH Pelalawan di gedung daerah pada Kamis (9/6/2022) pekan lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Pelalawan, Riau tahun 2022 disarankan menjalani isolasi mandiri sebelum dilakukan pemeriksaan swab PCR Covid-19.

Pasalnya, bukti surat bebas Covid-19 menjadi syarat untuk berangkat ke Arab Saudi.

Setelah menjalani manasik tingkat kabupaten dan pelepasan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Pelalawan, tidak ada lagi agenda maupun kegiatan bagi JCH. Tinggal menunggu pemeriksaan swab PCR satu hari jelang keberangkatan.

Sebanyak 141 jemaah haji Pelalawan akan berangkat tanggal 21 Juni mendatang. Namun mereka akan diperiksa dan diambil sampel PCR pada 20 Juni.

"Kegiatan jemaah saat ini, kita sarankan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Semacam isolasi mandiri, sebelum PCR nanti," tutur Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pelalawan, Drs H Syahrul Mauludi MA kepada tribunpekanbaru.com, Minggu (12/6/2022).

Syahrul menyampaikan, isolasi mandiri atau mengurangi aktivitas di luar rumah dilakukan agar jemaah tidak terpapar virus corona sebelum swab PCR.

Pengambilan sampel swab Covid-19 dilakukan di Puskesmas terdekat di masing-masing kecamatan.

Pemerintah Arab Saudi menetapkan syarat tersebut bagi seluruh jemaah haji dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia.

Selama isolasi mandiri, kata Syahrul, jemaah dibekali dengan video-video tutorial manasik haji.

Sehingga para tamu Tuhan itu bisa belajar dan mengulangi manasik di dalam rumah, tanpa harus keluar atau bersama orang lain.

Selain itu, ditekankan untuk menjaga kesehatan jelang keberangkatan ke tanah suci.

"Sampai saat ini belum ada kendala. Kita berdoa agar semua jemaah sehat dan ibadah haji dilancarkan," tandas Syahrul.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pelalawan, Amri Juharza menyebutkan jemaah haji berangkat pada Selasa 21 Juni pukul 08.00 wib.

Titik keberangkatan di Mesjid Agung Ulul Azmi Pangkalan Kerinci dan akan dilepas langsung oleh Bupati Pelalawan H Zukri. Ada empat bus yang disiapkan oleh Pemda Pelalawan untuk mengantar jemaah ke Kota Pekanbaru.

"Tanggungjawab kita mengantar jamaah sampai ke embarkasi antara Kota Pekanbaru. Selebihnya merupakan tanggungjawab provinsi dan pelaksana haji," pungkas Amri.

Mantan Camat Ukui ini menyebutkan, sebanyak 141 JCH Pelalawan tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 7 BTH bersama jamaah dari Indragiri Hilir.

Setelah menginap satu malam di embarkasi antara Kota Pekanbaru, pada 22 Juni JCH terbang ke Kota Batam dan dilanjutkan perjalanan ke Arab Saudi. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved