Breaking News:

Berita Dumai

Rutan Dumai Kembali Buka Kunjungan Keluarga Warga Binaan Tapi Ada Syaratnya, Apa Saja?

Rutan Kelas II B Dumai akan kembali menerima kunjungan tatap muka bagi keluarga warga binaan tapi ada persyaratan yang harus dipenuhi

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Rutan kelas II B Dumai Riau sosialisasikan kunjungan tatap muka yang akan segera diberlakukan setelah 2 tahun ditiadakan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Setelah dua tahun ditiadakan, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Dumai akan kembali menerima kunjungan tatap muka bagi keluarga warga binaan.

Penerimaan kunjungan secara tatap muka bagi warga binaan ini tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-12.HH.01.02 tahun 2022.

Tentang penyesuaian mekanisme terhadap layanan kunjungan secara tatap muka dan pembinaan yang melibatkan pihak luar.

Kepala Rutan Kelas II B Dumai, Pance Daniel mengungkapkan, setelah dua tahun, tidak ada kunjungan tatap muka, dalam waktu dekat, pihaknya akan membuka kunjungan tatap muka.

Rutan Dumai melakukan persiapan dimulai dari sarana prasarana, alur layanan kunjungan, serta kesiapsiagaan dan kecermatan petugas.

Meski sudah dapat bertemu secara tatap muka, tambahnya, setiap kunjungan akan dilakukan pembatasan baik jam besuk maupun keluarga yang diperbolehkan mengunjungi.

"Sesuai dengan surat edaran Dirjen Pas, pembesuk hanya untuk keluarga inti, kuasa hukum dibuktikan dengan surat kuasa dan yang terakhir merupakan perwakilan kedutaan besar bagi Warga Binaan Asing (WNA),” paparnya, Jumat (8/7/2022).

“Serta dengan syarat sudah menerima vaksin ketiga atau vaksin booster yang dapat dibuktikan dengan sertifikat vaksin atau dari aplikasi Peduli Lindungi," imbuhnya.

Jika nantinya, ada yang belum menerima vaksin lengkap, maka wajib menunjukkan hasil rapid antigen atau swab test dengan hasil negatif.

Atau surat keterangan dokter bahwa tidak dapat menerima vaksin Covid-19, karena alasan kesehatan dari dokter instansi Pemerintah.

Pance menerangkan, kunjungan bagi tahanan untuk dapat membawa surat izin menjenguk dari instansi penahan.

Dijelaskanya, kunjungan tatap muka akan dibuka dari hari senin-kamis dengan maksimal waktu 15 menit untuk 1 kali kunjungan dalam sepekan.

Serta layanan video call dan layanan penitipan makanan tetap akan dibuka juga.

"Untuk kunjungan tatap muka di Rutan Kelas II Dumai, akan mulai dibuka pada Senin (11/7/2022), pelayanan kunjungan tatap muka tidak dipungut biaya apapun atau gratis," pungkasnya

( Tribunpekanbaru.com / Donny Kusuma Putra )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved