Breaking News:

Berita Dumai

Jemaah Haji Asal Dumai Alami Dehidrasi saat Wukuf di Arafah,Kloter 09 Kembali ke Tanah Air 5 Agustus

Jamaah atas nama Rahmadiah berasal dari Kota Dumai mengalami sakit heat exhaustion anhydrotic setelah pelaksanaan Wukuf Arafah

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Ilustrasi. 

TRIBUPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ketua Kloter 9 BTH Surya Hudaya bersama Welmi Yulius Taya paramedis menyampaikan salah seorang jamaah atas nama Rahmadiah berasal dari Kota Dumai mengalami sakit heat exhaustion anhydrotic setelah pelaksanaan Wukuf Arafah.

Jamaah yang diperkirakan karena kekurangan cairan atau dehidrasi tersebut langsung mendapatkan penanganan dokter Klinik Bersama Kloter 09 BTH.

“Satu orang jamaah kita mengalami serangan setelah mengikuti khutbah wukuf, ini adalah suatu serangan yang terjadi karena cuaca ekstrim selama berada di Arafah," katanya, Minggu (10/7/2022).

Akibatnya jamaah kekurangan cairan, dan membuat kondisi jamaah melemah, oleh karena itu tim kesehatan memberikan pertolongan pertama dengan memberikan cairan infus untuk membantu mengganti cairan yang hilang atau cairan yang berkurang.

"Ditambah lagi jamaah kita kekurangan istirahat dan juga kurang makan sehingga mengalami penurunan kesehatan, sehingga pada saat wukuf kondisinya melemah. Saat ini Alhamdulillah jamaah yang sakit sudah mulai membaik," ujarnya.

Sementara itu ketua kloter berpesan kepada jamaah untuk memoerhatikan kondisi kesehatannya, sehingga pelaksanaan rukun ibadah haji dapat dilaksanakan dengan baik.

“Alhamdulillah sore ini Ibu Rahmadiah sudah bisa beraktifitas kembali menuju Muzdalifah, Harapan kita kepada jamaah lain untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatannya agar dapat melaksanakan ibadah inti selama di arab Saudi," katanya.

Jamaah kloter 9 BTH ini berjumlah 450 orang yang terdiri dari jamaah asal Kabupaten Rokan Hulu sebanyak 240 orang.

Kabupaten Siak sebanyak 107 orang, Kota Dumai sebanyak 87 orang, Pekanbaru sebanyak 8 orang, dan Indragiri Hilir sebanyak 2 orang.

Jamaah Kloter 9 BTH ini diperkirakan akan kembali ke Tanah Air pada tanggal 5 Agustus 2022 pukul 20.35 WIB.

Saat ini pukul 16.00 WAS, jamaah kloter 9 BTH sedang bersiap meninggalkan Arafah untuk menuju Musdalifah.

( Tribunpekanbaru.com / Syaiful Misgio )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved