Breaking News:

Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Operasikan SPKLU di Kalimantan Barat

PT PLN (Persero) dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik di Indonesia gencar membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)

Editor: Nolpitos Hendri
Istimewa
Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Operasikan SPKLU di Kalimantan Barat 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SINGKAWANG - PT PLN (Persero) dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik di Indonesia gencar membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum ( SPKLU ).

Pembangunan SPKLU ini terus dilakukan oleh PLN , salah satunya di Singkawang, Kalimantan Barat.

General Manager Unit Induk Wilayah Kalimantan Barat, Ari Dartomo menjelaskan PLN meresmikan SPKLU berkapasitas 60 kW.

Langkah ini merupakan komitmen PLN dalam mendukung program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang dicanangkan oleh pemerintah beberapa tahun yang lalu.

"Hingga saat ini PLN sudah mengoperasikan lebih dari 142 unit SPKLU yang tersebar di berbagai lokasi strategis di seluruh Indonesia, sementara SPKLU ini merupakan yang pertama di Kota Singkawang, dan yang kedua di Kalimantan Barat," ungkap Ari.

Walikota Singkawang, Tjhai Cui Mie mengapresiasi langkah PLN dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Dengan adanya infrastruktur kendaraan listrik yang masif, maka masyarakat semakin familiar dengan kendaraan listrik yang telah didukung oleh PLN dengan diresmikannya SPKLU pertama di Kota Singkawang.

"Kami sangat mengapresiasi upaya PLN dalam memberikan kemudahan bagi pengguna dan pemilik kendaraan listrik.

Keberadaan SPKLU di Kota Singkawang ini selaras dengan tujuan Pemerintah Kota Singkawang dalam mewujudkan kota yang _modern_ dan _green energy_," ungkap Tjhai Cui Mie.

Senada, Santoso (51), salah satu pemilik mobil listrik di Singkawang, mengatakan bahwa kendaraan listrik yang digunakannya sangat efisien dan ramah lingkungan dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar minyak.

"Mobil listrik ini juga mudah dalam pengoperasiannya. Dengan performa yang tidak kalah dengan mobil berbahan bakar minyak, saya pikir mobil listrik sangat _recommended_ untuk dijadikan kendaraan keluarga," tutur Santoso.

Peresmian SPKLU ini juga ditandai dengan peresmian Komunitas _Electric Vehicle_ SingBeBas dan konvoi kendaraan listrik di kota Singkawang, dilanjutkan dengan peresmian layanan kelistrikan di Gerai Mall Pelayanan Publik (MPP) di Grand Mall Singkawang.

Dengan adanya kerja sama dan pembukaan layanan kelistrikan dari PLN di Gerai Mall Pelayanan Publik di Grand Mall Singkawang, maka pelayanan kepada masyarakat semakin meningkat. (adv)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved