Breaking News:

Berita Riau

Jelang Akhir Tahun Pinjol Ilegal Kembali Marak, OJK Riau Ingatkan Masyarakat Berhati-hati

OJK Riau mengingatkan masyarakat berhati-hati di saat Pinjol ilegal mulai marak Jelang akhir tahun.

Penulis: Alex | Editor: Ariestia
Capture
OJK Riau mengingatkan masyarakat berhati-hati di saat Pinjol ilegal mulai marak Jelang akhir tahun. FOTO: Kepala OJK Provinsi Riau, M Lutfi. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - OJK Riau mengingatkan masyarakat berhati-hati di saat Pinjol ilegal mulai marak Jelang akhir tahun.

Jelang akhir tahun ini tawaran pinjaman online mulai kembali marak bermunculan melalui telepon seluler masyarakat, dengan beragam iming-imingan syarat yang mudah dan cepat pencairan.

Menanggapi hal ini, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau, M Lutfi mengingatkan masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada, karena menjelang akhir tahun ini memang cukup banyak kebutuhan masyarakat.

Dikawatirkan masyarakat akan tergiur dengan pinjaman yang mudah syarat dan cepat pencairan tersebut, sehingga akan terjerat pinjaman online ilegal yang akan menyengsarakan masyarakat sendiri.

"Kami berharap masyarakat sadar akan risiko pinjam di Pinjol ilegal, sudah banyak contoh dan korban," kata Lutfi kepada Tribun, Sabtu (26/11/2022).

Dikatakannya, tidak masalah jika masyarakat berurusan dengan pinjaman online, namun harus dengan yang legal atau resmi dan terdaftar di OJK, karena yang resmi sudah memiliki aturan yang terikat di OJK. Sedangkan yang ilegal membuat aturan sesuka hati dan banyak merugikan masyarakat.

"Jika masyarakat membutuhkan pinjaman hendaklah pinjam pada Pinjol yang terdaftar dan berizin dari OJK dan lakukan pembayaran tepat waktu," ulasnya.

Seperti halnya baru-baru ini dikatakan Lutfi mahasiswa IPB Bogor secara berjamaah terjerat pinjaman online ilegal, yang sempat menghebohkan publik. Karena itu ia berharap agar masyarakat selalu berhati-hati dan tidak mudah tergiur dengan berbagai iming-iming pinjaman online yang tidak resmi tersebut.

"Apalagi akhir-akhir ini mulai banyak lagi seperti yang diberitakan media cetak dan elektronik, ratusan mahasiswa IPB Bogor terjerat pinjol, dan banyak kasus lainnya," tambahnya.

Dia menambahkan, jika masyarakat ingin mendapatkan informasi yang lebih akurat terkait pinjaman online yang resmi, bisa melakukan komunikasi dengan pihak OJK.

"Jika membutuh keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi call centre OJK di nomor 081157157. Berikut daftar Pinjol yang berizin OJK juga tersedia datanya," tuturnya. ( Tribunpekanbaru.com/ Alexander).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved