Breaking News:

Jaringan XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Selama Perayaan Imlek dan Cap Go Meh

PT XL Axiata memastikan jaringan di seluruh Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) siap menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan trafik saat imlek

Istimewa
Teknisi sedang bekerja dengan perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik XL Axiata di sekitar area Pelabuhan Batu Ampar, Kelurahan Kampung Seraya, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, Senin (4/4). XL Axiata memastikan jaringan di seluruh Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) siap menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan trafik selama masa liburan Tahun Baru Imlek dan Cap Gomeh yang akan berlangsung tidak lama lagi. XL Axiata memperkirakan akan terjadi lonjakan trafik data sekitar 10% dibanding hari normal. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Selama perayaan hari besar, hal yang sangat dibutuhkan masyarakat di antaranya adalah jaringan yang lancar.

Hal itulah yang terus menjadi prioritas XL Axiata terhadap pelanggannya.

PT XL Axiata Tbk ( XL Axiata) memastikan jaringan di seluruh Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) siap menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan trafik selama masa liburan Tahun Baru Imlek dan Cap Gomeh yang akan berlangsung tidak lama lagi.

XL Axiata memperkirakan akan terjadi lonjakan trafik data sekitar 10 persen dibanding hari normal.

Peningkatan trafik ini diprediksi akan terjadi di beberapa kota dengan konsentrasi perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh terbesar di Batam dan Bintan.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, untuk memastikan kenyamanan masyarakat selama hari-hari perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun ini, XL Axiata telah melakukan serangkaian persiapan menghadapi kenaikan trafik yang terjadi di Provinsi Kepulauan Riau.

Kapasitas jaringan kami siapkan hingga dua kali lipat. Peningkatan trafik akan lebih banyak terjadi di layanan data. Dibandingkan dengan perayaan tahun sebelumnya, konsumsi data tahun ini diprediksi lebih besar karena tidak ada lagi pembatasan dari pemerintah untuk bepergian pascapandemi.

Desy menambahkan selama perayaan Imlek dan Cap Go Meh nanti, XL Axiata akan memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di sejumlah kawasan pemukiman, penginapan, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, bandara hingga pelabuhan.

Peningkatan trafik akan lebih banyak terjadi di layanan data, sementara potensi kenaikan trafik layanan percakapan (voice) sekitar 4%.

Dari jenis layanan, trafik layanan streaming secara umum diprediksi mengalami peningkatan sekitar 13%.

Selain itu, layanan seperti Video Call, Web Browsing, dan Instant Messaging (IM) akan turut mengalami peningkatan karena biasanya di momen ini akan banyak yang menyampaikan ucapan selamat.

Jaringan XL Axiata di seluruh Provinsi Kepulauan Riau ini didukung oleh total sekitar 1.850 BTS termasuk lebih dari 1.050 BTS 4G.

Jumlah tersebut termasuk BTS yang ada di pulau-pulau, seperti di Kepulauan Karimun, Natuna, Lingga, Anambas dan beberapa pulau-pulau terpencil. Saat ini beberapa kota/kabupaten di wilayah Kepulauan Riau dengan trafik layanan data yang terus mengalami peningkatan signifikan antara lain Kabupaten Bintan 31%, Karimun 30%, dan Kota Batam 17%.

Guna melayani pelanggan yang membutuhkan dukungan layanan selama perayaan Imlek dan Cap Go Meh, tim layanan pelanggan XL Axiata juga telah siap.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved