TribunPekanbaru/

Peringatan Penting, Hidup Menjomblo Itu Ternyata Bikin Cepat Mati!

Namun tahukah kamu bahwa ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa ada yang lebih mematikan

Peringatan Penting, Hidup Menjomblo Itu Ternyata Bikin Cepat Mati!
The Huffington Post
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Angka kematian akibat obesitas setiap tahunnya selalu bertambah. Sebuah riset mengungkapkan bahwa paling tidak ada 30 ribu orang meninggal akibat penyakit turunan yang diakibatkan oleh obesitas di seluruh dunia.

Akibat bahaya tersebut, kampanye untuk hidup sehat disuarakan dimana-mana. Para ahli mengajak untuk tak melupakan olahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Lantaran seiring dengan bertambahnya berat badan, maka semakin tinggi pula resiko penyakit turunan yang berkaitan dengan obesitas.

Namun tahukah kamu bahwa ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa ada yang lebih mematikan dibandingkan obesitas. Dan jawabannya ternyata patah hati alias ketika seseorang terpaksa menjadi jomblo.

Para peneliti menemukan bahwa isolasi sosial bisa meningkatkan resiko kematian seseorang. Mereka pun lebih serius untuk mencari jawaban apakah kesendirian atau perasaan terisolasi itu meningkatkan resiko kematian ataukah kematian disebabkan oleh kurangnya dukungan sosial yang meningkatkan semangat hidup mereka yang tengah patah hati.

"Terhubung secara sosial dengan orang lain merupakan kebutuhan paling mendasar dari manusia. Ini hal yang paling penting," ungkap Dr Julianne Holt-Lunstad, profesor psikologi di Universitas Brigham Young.

Tak terhubung atau tak berhubungan dengan orang lain memang menjadi hukuman paling berat bagi manusia sebagai makhluk sosial. Oleh karena itu, hukuman semisal penjara merupakan bentuk dari isolasi sosial.

"Kesepian sangat tidak menyenangkan, dan bisa mematikan." tambahnya.

Lantas, apa yang menyebabkan rasa kesepian ini?

Ternyata, mengejar kekayaan, dan tren hidup sendiri, terutama di kota-kota besar, diyakini sebagai penyebab dari kesepian.

"Ada bukti kuat bahwa isolasi sosial dan kesepian meningkatkan risiko kematian dini secara signifikan, dan besarnya risiko melebihi banyak indikator kesehatan penyebab kematian umum lainnya," tambah Lunstad. (*)

Berita ini sudah terbit di Tribun Jogja dengan judul Penelitian: Segera Cari Pendamping, Karena Jomblo Juga Ternyata Bisa Mematikan

Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help