Jokowi Resmikan Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru

Panjang Jalan Tol Padang-Pekanbaru, kata dia, membentang sepanjang 254,8 kilometer. Jalan tersebut merupakan sirip dari jalan Tol Trans Sumatera

Jokowi Resmikan Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru
Agus Suparto/ Istana Kepresidenan
ilustrasi.Rombongan Presiden Jokowi 

Laporan Riki Suardi dari Padang

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Jalan Tol yang diimpikan masyarakat Sumbar dan Riau akhirnya terwujud seiring dilakukannya "Ground Breaking" pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru tahap I oleh Presiden Jokowi di Bypass Kasang, Batang Anai, Kabupaten Padangpariaman, Jumat (8/2/2018) sore.

Peresmian peletakkan batu pertama jalan tol tersebut juga dihadiri, Ibu Negata Iriana Jokowi dan sejumlah elit negara, termasuk Menteri Pkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Gubernur dan Wakil Gubetnur Sumbar. Kemudian, juga hadir Gubernur Riau.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut, setelah pembangunan Jalan Tol tahap I sepanjang 23 kilometer dari Padang hingga ke Sicincin selesai dikerjakan, maka tahap selanjutnya akan langsung dilakukan pembangunan tahap II dari Pekanbaru ke Bangkinang sepanjang 23 kilometer.

"Setelah tahap II, barulah dilanjutkan pembangunan Jalan Tol dari Bangkinang ke Sicincin. Panjangnya, 189 kilometer. Pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru itu ditargtkan selesai pada 2023 mendatang," ujar Basuki di Padang, Jumat.

Panjang Jalan Tol Padang-Pekanbaru, kata dia, membentang sepanjang 254,8 kilometer. Jalan tersebut merupakan sirip dari jalan Tol Trans Sumatera yang merupakan salah satu proyek strategis nasional. Untuk pembangunannya, dikerjakan oleh PT Utama Karya (Peraerp) yang merupakan perusahaan milik BUMN.

"Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru ini menelan biaya investasi yang diperkirakan mencapai Rp78,09 Triliun. Sebagian dana berasal dari pinjaman Japan International Cooperation Agency (JICA)," bebernya.

Pemerintah Jepang, kata Basuki, nantinya akan membiayai sebagian konstruksi sepanjang 40 km, termasuk membangun terowongan sepanjang 7 kilometer yang bertujuan untuk memperpendek jarak Jalan Tol Padang-Pekanbaru. Kemudian untuk dana pembebesan lahan, nantinya ditalangi Hutama Karya.

"Kalau menunggu APBN, maka proses pembebesan lahannya cukup lama. Sebab, Pemerintah Pusat sudah berkomitemen untuk menuntaskan jalan tol tersebut hingga tahun 2023 mendatang," ungkapnya.

Terkait urusan pembebesan lahan untuk Jalan Tol Padang-Sicincin, Basuki menuturkan bahwa semuanya sudah diselesaikan oleh Pemkab Padangppariaman melalui kesepakatan dengan sejumlah tokoh masyarakat.

"Begitu juga dengan daerah lainnya yang dilalui Jalan Tol Padang-Pekanbaru, karena untuk pembebasan jalan butih pendekatan secara adat, karena status tanahnya merupakan tanah ulayat," pungkas Basuki.(*)

Tags
jokowi
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help