Solok

6.542 Siswa SMA di Sumbar Belum UNBK, Wakil Gubernur Ungkap Penyebabnya

Pelaksanaan UNBK atau UNKP oleh siswa SMA/MA dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan satu mata pelajaran jurusan.

6.542 Siswa SMA di Sumbar Belum UNBK, Wakil Gubernur Ungkap Penyebabnya
Tribunpekanbaru/rikisuardi
46.774 siswa yang berasal dari 316 SMA/MA Negeri di Sumbar, hari ini, Senin (9/4/2018), melaksanakan Ujian Nasional. Masih ada 6.542 peserta dari 54 sekolah yang belum UNBK 

Laporan Kontributor Tribunpadang.com, Riki Suardi

Tribunpadang.com, PADANG- Sebanyak 46.774 siswa yang berasal dari 316 SMA/MA Negeri di Sumbar, hari ini, Senin (9/4/2018), melaksanakan Ujian Nasional yang akan berlangsung hingga Kamis mendatang.

Dinas Pendidikan Provinsi pun mencatat bahwa dari jumlah peserta UN, 13 persen atau 6.542 peserta dari 54 sekolah, masih mengikuti ujian dengan sistim Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

"Sedangkan sisanya, menerapkan sistim Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit disela sela kunjungan peninjauan UN di sejumlah sekolah di Kabupaten Solok, Senin pagi.

Nasrul Abit juga menjelaskan, kondisi 13 persen SMA yang belum UNBK, menurutnya itu dikarenakan kondisi daerah yang belum memiliki fasilitas jaringan listrik, jaringan telekomunikasi dan itu berada di daerah terisolir.

Baca: Nafsu Tak Terkendali Usai Tonton Film Porno, Sang Ayah Renggut Keperawanan Anak Usia 15 Tahun

Baca: LAGI. . Kakek Jadi Sasaran, Tak Jawab Panggilan Kondisi Pria Tua di Pekanbaru Kagetkan Banyak Orang

"Terutama di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan beberapa nagari yang ada di kabupaten lainnya di Sumbar yang masih terpencil, jauh dari pusat kota kabupaten," ujarnya.

Kendati demikian, kata Wagub melanjutkan, kondisi ini akan menjadi perhatian Pemerintah Sumbar, dengan mengupayakan peningkatan fasilitas jaringan listrik dan jaringan telekomunikasi pada daerah terisolir tersebut.

"Kalau sudah ditingkatkan semuanya, maka tidak ada lagi sekolah yang melaksanakan UN menggunakan kertas dan pensil. Semuanya sudah sistim UNBK. Mudah-mudahan upaya ini cepat terwujud," ujarnya.

Kadis Pendidikan Sumbar Burhasman Bur menambahkan, pelaksanaan UNBK atau UNKP oleh siswa SMA/MA dengan mata pelajaran yang diuji adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan satu mata pelajaran jurusan.

Namun, sebut Burhasman, untuk mata pelajaran jurusan, siswa bisa memilih satu mata pelajaran tergantung jurusannya. Misal, siswa jurusan IPA bisa memilih biologi, fisika, atau kimia.

Baca: Warga Murka 34 Bocah Lelaki Dicabuli, Keluarga Pelaku Kena Imbas, Diberi Tenggat Waktu Hingga Senin

Baca: Duet Arif LIDA dan Reza Bikin Dewan Dangdut dan Penonton Liga Dangdut Berderai Air Mata

"Hal itu untuk menguji passion atau minat siswa. Kalau minat biologi, ya silahkan ambil biologi. Begitu juga dengan Kimia, dan Fisika," kata Burhasman disela-sela mendampingi Wagub Sumbar saat meninjau UN di sejumlah sekolah di Kabupaten Solok.(*)

Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help