Siak

Satgas Saber Pungli Siak Tangkap 2 Preman di Perawang, Ini yang Mereka Lakukan

Dua orang pria di Perawang ditangkap Satgas Saber Pungli Siak, karena kebiasannya meminta pungutan kepada sopir truk

Satgas Saber Pungli Siak Tangkap 2 Preman di Perawang, Ini yang Mereka Lakukan
Foto/saberpungli.id
Stop Pungli 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Dua orang pria di Perawang ditangkap Satgas Saber Pungli Siak, karena kebiasannya meminta pungutan kepada sopir truk. Baru-baru ini kedua pria bernama Zulkarnain (38) dan Erikson Oloan Saputra (22) itu kerap beroperasi di Pos Jalan Sungai Naga Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang, kabupaten Siak.

Akibat perbuatannya yang telah semena-mena di sekitar jalan tersebut, membuat masyarakat resah. Sehingga ada laporan masuk ke Satgas Saber Pungli Siak.

Baca: ASN di Siak Ini Ditetapkan Panwaslu Langgar Netralitas pada Pilgubri

Kapolres Siak AKBP Ahmad David melalui Kaus PS Humas Polres Siak Bripka Dedek Prayoga mengatakan, akibat laporan Satgas Saber Pungli Kabupaten Siak langsung turun ke lokasi untuk melakukan penangkapan, Rabu (15/5/2018) sore.

"Tim Saber Pungli turun menyasar para preman yang melakukan Pungli di Jalan Raya yang dilalui truk bermuatan menuju PT.Indah Kiat, tepatnya di Pos jalan Sungai Naga Perawang," kata dia, Jumat (18/5/2018).

Satgas Saber Pungli Siak yang turun pada hari itu dipimpin oleh Panit I Reskrim Polsek Tualang, Iptu Ronny Reduansah Sihombing beserta anggota Opsnal Reskrim Polsek Tualang.

Baca: DURHAKA, Andi Tega Tusuk Ibu Kandungnya hanya karena Ditegur Tak Puasa

"Setelah diintai dan diselediki, kedua pria itu tampak menjulurkan tangan kepada sopir truk yang lewat. Sehingga dilakukan penangkapan," kata dia.

Pada saat dilakukan penangkapan dan penggeledahan, ditemukan fotokopi karcis yang dikeluarkan oleh F-SPTD-KSPSI untuk dana konsolidasi bongkar muat. Tertera biaya sebesar Rp10.000 pada karcis itu.

Kemudian selanjutnya, dari tangan pelaku ditemukan uang hasil kutipan dari sopir truk bermuatan. Jumlah uang tersebut Rp 83.000 dengan pecahan Rp 2000 dan Rp 5000.

"Atas kejadian tersebut kedua Pelaku, dan barang bukti dibawa ke Polsek Tualang guna penyelidikan lebih lanjut," kata dia.

Barang bukti yang didapat berupa uang tunai pecahan Rp 2000 sebanyak 39 lembar dan 5000 sebanyak 1 lembar, dengan total keseluruhan Rp 83.000. Sebanyak 3 lembar fotokopi karcis yang dikeluarkan oleh F-SPTD-KSPSI dengan nominal karcis Rp10.000 per lembar.

Baca: Pengemis Ditemukan Tewas di Mobilnya, Ada Uang Rp 46 Juta dan Tabungan Rp 1,6 Miliar

"Sampai saat ini, kedua terduga pelaku Pungli masih ditahan," kata dia.

Pada Rabu (16/5/2018), pihaknya juga menangkap oknum petugas Dishub di Jembatan Teluk Masjid. Sebab, oknum bernama EEK tersebut diketahui melakukan Pungli kepada sopir truk.

Barang bukti yang didapatkan dari EEK sebanyak Rp 262.000. Saat ini, EEK tidak ditahan namun diserahkan kepada Kepala Dinas Perhubungan Siak untuk menindaknya. (*)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help