Padang

35 Juru Parkir Liar di Padang Diamankan Tim Saber Pungli, Juga Disita 2 Jeriken Tuak

Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, mengaman sebanyak 35 orang juru parkir liar

35 Juru Parkir Liar di Padang Diamankan Tim Saber Pungli, Juga Disita 2 Jeriken Tuak
ist
Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, mengaman sebanyak 35 orang juru parkir liar yang melakukan pungutan liar (pungli) di beberapa lokasi di Kota Padang. 

Laporan Kontributor Tribunpadang.com, Riki Suardi

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, mengaman sebanyak 35 orang juru parkir liar yang melakukan pungutan liar (pungli) di beberapa lokasi di Kota Padang.

Ketua Saber Pungli Kota Padang AKBP Kobul Syahrin Ritonga mengatakan, puluhan juru parkir liar itu diamankan pada Jumat (22/6/2018) kemarin.

Baca: Ketua KPUD Inhil Dipanggil KPU Riau Terkait Masalah Ini

Lokasi mereka diamankan adalah di kawasan Transmart, Plasa Andalas, Simpang Kinol, dan di kawasan Pasar Raya Padang.

Selain mengamankan puluhan juu parkur luar itu, tim gabungan yang terdiri dari Pol PP dan Polri juga menyita dua jeriken tuak.

Setelah ditangkap, mereka kemudian dibawa ke Mapolresta Padang didata dan dibina.

Baca: Dishub Riau: Beberapa Pelabuhan Rakyat di Riau Tak Perhatikan Keselamatan Penumpang

"Juru parkir liar yang melakukan pungli itu baru kami lepaskan setelah mereka membuat surat perjanjian untuk tidak lagi mengulangi perbuatannya," kata Kobul kepada tribunpadang.com Minggu (24/62018) sore.

Dikatakannya, puluhan juru parkir liar itu diamankan, karena pihaknya tengah gencar-gencarnya membersihkan Kota Padang dari praktek pungli, termasuk pungli di lokasi parkir liar.

Menurutnya, praktek pungli yang dilakukan juru parkir ini dapat dikatagorikan sebagai aksi premanisme.

Baca: Inilah Tugas Satgas Anti Money Politik di Inhu, Kapolres Berharap Pilgubri Aman dan Bersih

Untuk membersihkan Kota Padang dari praktek pungli, terutama yang dilakukan oleh juru parkir liar atau preman, pihaknya akan rutin melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi keramaian seperti pusat pemberlanjaan dan lokasi wisata.

"Tak hanya juru parkir liar, selanjutnya kami juga akan menyidak kantor layanan publik. Jika ditemukan adanya praktik pungli, kami akan tindak tegas. Tak ada ampun bagi mereka yang melakukan pungki, khysusnya di lokasi layanan publik," tegas Kobul.

Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, mengaman sebanyak 35 orang juru parkir liar yang melakukan pungutan liar (pungli) di beberapa lokasi di Kota Padang.
Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, mengaman sebanyak 35 orang juru parkir liar yang melakukan pungutan liar (pungli) di beberapa lokasi di Kota Padang. (ist)

Baca: Inilah Analisa Staf BPCB Wilayah Sumbar Riau dan Kepri Terkait Kebakaran Makam Motah di Inhu

Wakapolresta Padang ini menjelaskan bahwa inspeksi mendadak tersebut juga salah satu menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo yang menyampaikan tindak tegas semua praktek pungli di Indonesia, yang bisa merugikan masyarakat.

"Melalui sidak ini kami berharap agar Padang bersih pungli dan aksi premanisme, karena pungli dan premanisme itu sejalan. Kami juga minta kepada masyarakat agar jangan mau menjadi korban pungli. Jika menemukan pungli, segera laporkan kepada kami," ucap Kobul.

Baca: Terungkap, Inilah Pria yang Merekam KM Sinar Bangun Terbalik sebelum Karam dan Kecewanya. .

Berapa pun besarnya uang yang dipungli, tambah kobul, mau Rp2000 ataupun Rp10 ribu kalau tidak resmi, tetap dikatakan pungli. Jadi sekali lagi ia harap agar masyarakat ikut berperan memberantasnya.

"Namun masyarakat jangan sampai melakukan kekerasan. Intinya, kalau ketemu ada oknum masyarakat melakukan pungli, termasuk ASN, segera lapor dan masyarakat jangan takut untuk melaporkannya," pungkas Kobul.(*)

Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help