Padang

Kelok 44 Longsor, Arus Lalu Lintas dari Bukittinggi Menuju Maninjau Buka Tutup

Jalan Kelok 44 mengalami longsor Selasa (26/6/2018) malam. Polisi kemudian lakukan buka tutup

Kelok 44 Longsor, Arus Lalu Lintas dari Bukittinggi Menuju Maninjau Buka Tutup
Ist
Longsor di Kelok 44 

Laporan Kontributor Tribunpadang.com, Riki Suardi

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Jalan Kelok 44 di kawasan Maninjau, Kabupaten Agam, yang merupakan salah satu icon wisata di Provinsi Sumatera Barat, mengalami longsor dan terban pada Selasa (26/6/2018) malam sekitar pukul 20.15 WIB.

Bemun diketahui bagaimana kondisi jalan lintas yang menghubungkan Bukittingi dengan Lubuk Basung tersebut. Namun informasi longsornya jalan tersebut sudah beredar melalui group whatsaap Siaga Bencana Sumbar.

Informasi longsornya jalan di kawasan Danau Maninjau itu disampaikan pertamaka kali oleh Tim Ahli Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Sumatera Barat, Ade Edward.

Longsor di Kelok 44
Longsor di Kelok 44 (Ist)

Pada whatsaaps tersebut, Ade Edward yang juga merupaka Ketua Ikatan Ahli Geologi (IAGI) Sumbar itu mengatakan bahwa longsor terjadi di dua titik, yaitu di Kelok 6 terjadi tanah longsor dan di Kelok 7 jalan pun terban.

"Bagi masyrakat yang ingin berkendara dari Bukutinggi menuju Lubuk Basung ataupun sebaliknya, disarankan untuk berhati-hati terhadap longsor susulan, karena cuaca di sekitaran Maninjau masih hujan," kata Ade Edward.

Sementara itu, Operator Pusdalops BPBD Agam, Lukhman Syahputra saat dihubungi tribunpadang.com dari Padang mengatakan tak ada korban jiwa. Namun kondisi tanah longsor di Kelok 6 menutupi sebagian ruas jalan.

Sedangkan di Kelok 7, kondisi terbannya badan jalan tak mempengaruhui akses lalu lintas kendaraan, karwna hanya terjadi di bahu jalan dengan panjang jalan yang terban lebih kurang 15 meter. Kendati begitu, ia pun meminta agar pengendara yang lewat di lokasi longsor tersebut untuk waspada.

"Saat ini, Satgas BPBD Kabupaten Agam bersama Polri, petugas pemadam kebakaran, Pemerintah Kecamatan, Nagari dan masyarakat daerah setempat masih melakukan evakuasi terhadap material longsor yang menutupi sebagian ruas jalan," katanya Selasa malam.

Longsor di Kelok 44
Longsor di Kelok 44 (Ist)

Terkait arus lalu lintas kendaraan, Lukhman pun mengatakan bahwa saat ini masih lancar namun siatim arusnya buka tutup, karena ketabal material longsor masih berserakan di badan jalan lebih kyrang sepanjang 15 meter.

"Di samping melakukan pembersihan material longsor yang menimbun sebagian badan jalan, kami dari tim gabungan juga menunggu alat berat dari Dinas PU Agam yang didatangkan langsung dari Lubuk Basung. Saat ini alat berat masih dalam perjalanan," pungkas Lukhman.(*)

Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved