Bengkalis

Serapan APBD Bengkalis Baru 19 Persen, Realisasi dari Belanja Pegawai dan Biaya Operasional Pemkab

Hasil evaluasi tersebut ternyata Bengkalis baru bisa merealisasjkan serapan anggaran sebesar 19 persen dari total APBD

Serapan APBD Bengkalis Baru 19 Persen, Realisasi dari Belanja Pegawai dan Biaya Operasional Pemkab
ist
APBD 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS -Pemerintah kabupaten Bengkalis telah melakukan rapat evaluasi realisasi serapan anggaran pada APBD Bengkalis 2018 sejak januari hingga akhir Juni lalu.

Hasil evaluasi tersebut Bengkalis baru bisa merealisasjkan serapan anggaran sebesar 19 persen dari total APBD Bengkalis.

Baca: Belum Ada Kepastian Embarkasi Haji Riau, Begini Tanggapan Anggota DPRD Pekanbaru

Hal ini diungkap Sekda Bengkalis Bustami HY kepada wartawan, Kamis (5/7/2018) siang.

Realisasi serapan anggaran ini hanya realisasi dari belanja pegawai dan biaya operasional pemerintah Bengkalis.

"Termasuk di dalamnya realisasi pembayaran THR pegawai sebelum lebaran kemarin, " ungkap Bustami.

Sementara untuk serapan berasal dari kegiatan fisik sampai hari ini pada umumnya belum ada yang teralisasikan. Hanya saja beberapa kegiatan fisik yang berasal dari dana alokasi khusus (DAK) yang baru dianjurkan untuk dilaksanakan.

Baca: Ada Promo Potongan Harga Menarik Pembelian Printer di Gramedia SKA

"Kalau kegiatan fisik dari APBD secara umum belum ada kita jalankan. Kecuali pembangunan fisik dari DAK, " kata dia.

Untuk pelaksanaan kegiatan fisik ini pihaknya masih menunggu rasionalisasi APBD Bengkalis yang masih di bahas dilaksanakan. Setelah jelas jumlah rasionalisasinya, kegiatan fisik baru akan di jalankan.

"Memang kita menunggu pelaksanaan rasionalisasi yang saat ini masih dalam pembahasan, setelah jelas besaran dan kegiatan yang dirasionalisasi baru kegaiatan fisik yang tinggal dilaksanakan," jawabnya singkat.

Baca: Jelang 5 Hari Keberangkatan 24 Atlet Pabbsi Fokus Latihan

Sementara itu Bupati Bengkalis Amril Mukminin menjelaskan terkait rasionalisasi ini pihaknya masih melakukan pembahasan dengan DPRD Bengkalis. Secara umum menurut Amril bisa di pastikan tidak semua kegiatan fisik bisa dilaksanakan sesuai dengan APBD Bengkalis 2018 yang disahkan dulu.

"Kondisi besaran rasionalisasi ini masih kita bahas. Melihat besaran rasionalisasinya bisa kita pastikan tidak semua proyek lelang akan dilaksanakan pada APBD 2018 ini, " terang dia.

Baca: DPC Demokrat Kota Pekanbaru Kunjungi KPU Pekanbaru, Serahkan SK Kepengurusan DPC

Menurut dia, defisit anggaran akibat rasionalisasi ini akan terjadi diperkirakan sebersar lebih kurang 1,4 trilun rupiah. Sementara APBD Bengkalis setelah nanti dirasionalisasi akan tersisa sekitar 2,2 triliun rupiah.

"Nanti mana skala priotritas akan kita kerjakan. Namun jika yang belum masuk skala prioritas nantikan kita bintang dulu, ketika perekonomian kita baik baru akan kita kerjakan kegiatan fiisik tersebut, " kata Amril.

Baca: Personel Satlantas Polresta Pekanbaru Ungkap Kepemilikan Sabu-sabu, Begini Ceritanya

Amril menengaskan, pihaknya memastikan dengan kondisi rasionalisasi yang akan dilakukan dipastikan tidak semua kegiatan fisik akan dilaksanakan. Pihaknya bersama DPRD akan memilah terlebih dahulu kegiatan mana yang akan menjadi prioritas dilaksanakan tahun ini. (sir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help