Dewan Dapati Informasi Pembangunan RSLH Manfaatkan Donatur dan Sponsor, Padahal Sudah Dibiayai APBD

Komisi IV DPRD Riau soroti pembangunan RSLH. Salah satunya pembangunan justru dilakukan dengan bantuan donatur atau sponsor

Dewan Dapati Informasi Pembangunan RSLH Manfaatkan Donatur dan Sponsor, Padahal Sudah Dibiayai APBD
Kontan
Ilustrasi - Perumahan 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Walau program pembangunan Rumah Sehat Layak Huni (RSLH) tahun ini menunjukkan progress pembangunan yang cukup menggembirakan, namun dalam realisasinya, pihak Komisi IV DPRD Riau masih mendapati adanya laporan kesalahan pelaksanaan dalam menjalankan program tersebut di daerah.

Ketua Komisi IV PDRD Riau, Husni Thamrin mengatakan, pihaknya mendapati laporan bahwa ada pekerjaan pembangunan RSLH tersebut yang dilakukan dengan menggunakan donator atau sponsor.

Baca: Diikuti 12 Kabupaten dan Kota di Riau, Peparpeda Tanggal 6 sampai 10 Agustus Digelar di Pekanbaru

Hal itu dilakukan oleh oknum tertentu, yang belum mau ia sebutkan sebelum mencari tahu keberan dan kepastiannya.

“Ada laporan yang kita terima, bahwa ada di beberapa titik pelaksanaan pembangunan RSLH tersebut digunakan oleh pihak tertentu, untuk mencari keuntungan pribadi. Dengan mencarikan sponsor dan mendanai pembangunan rumah tersebut, dan tujuannya adalah mencari uang untuk pribadi sekaligus,” kata Thamrin kepada Tribun, Selasa (24/7/2018).

Baca: KPK Periksa Inneke Koesherawati sebagai Saksi Kasus Korupsi di Lapas Sukamiskin

Dikatakannya, pembangunan tersebut harusnya tidak boleh menggunakan sponsor atau donatur, karena sudah dianggarkan dalam APBD 2018 ini secara jelas. Oleh karena itu, Komisi IV DPRD Riau menjadwalkan akan turun ke lokasi tersebut dalam pekan ini.

“Kami akan cek langsung ke lokasi tersebut, seperti apa pelaksanaan program RSLH di sana, apakah memang dilaksanakan seperti yang dilaporkan kepada kita atau tidak. Ini bisa diusut nanti. Kalau tempat, untuk sementara ini kita mendapati laporannya ada terjadi di Kabupaten Kampar,” imbuhnya.

Baca: 2 Wanita Ini Seludupkan Sabu ke Dalam Lapas, Petugas Temukan Barang Bukti Disembunyikan di Sini

Sementara itu, untuk program pembangunan RSLH tersebut sebagaimana yang sudah direncanakan, menurut Thamrin tahun 2019 mendatang diharapkan program tersebut akan tetap dilaksanakan.

“Pembangunan ini merupakan program yang ditunggu oleh masyarakat. Jangan sampai hendaknya terputus,” ulasnya.

Baca: KONI Pekanbaru Beri Tambahan Uang Saku Bagi Atlet Pekanbaru di Asian Game 2018

Dikatakannya, pembangunan RSLH tersebut direncanakan akan dilaksanakan dalam beberapa tahun kedepan, dengan perencanaan pembangunan 2 ribuan unit RSLH di 12 kabupaten/kota.

Baca: Liga 2 Semen Padang Vs PSPS Riau Live di TvOne, Ini Head to Head dan Link Live Streaming

“Ini juga menjadi salah satu upaya pengentasan kemiskinan. Selain itu, program tersebut setiap tahun diharapkan juga akan lebih baik pelaksanaannya, karena setiap tahun akan menjadi pelajaran dari pengalaman sebelumnya,” tuturnya. (ale)

Penulis: Alex
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved