Rokan Hulu

400 Jamaah Haji Asal Rohul Sudah Berangkat ke Jeddah

Sebanyak 400 Jemaah haji asal Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), ‎termasuk 2 Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) telah berangkat dari Embarkasi Batam ke Jeddah

400 Jamaah Haji Asal Rohul Sudah Berangkat ke Jeddah
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma
Pj Sekda berikan semangat kepada salah satu JcH yang menggunakan kursi roda 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Rohul Drs. H. Syahrudin M.Sy, mengungkapkan, Sebanyak 400 Jemaah Haji asal Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), ‎termasuk 2 Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) telah berangkat dari Embarkasi Batam ke Jeddah, Senin (6/8/2018) pukul 11.00 WIB.

Baca: Alasan Kesehatan, Satu Jamaah Haji Meranti Ditunda Keberangkatannya

Ia menambahkan, sebanyak 400 jamaah haji berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci dilepas Bupati Rohul H. Sukiman didampingi Pejabat Sekda Rohul H. Abdul Haris Lubis S.Sos, M.Si, dari aula Arrafah 2 Asrama Haji Batam.

Syahrudin menjelaskan, 400 jamaah haji  Rohul diberangkatkan di gelombang dua, tergabung di Kelompok Terbang (Kloter) 18, bergabung dengan JCH asal Kabupaten Pelalawan dan JCH asal Kabupaten Kampar, dari Bandar Udara (Bandara) Internasional Hang Nadim Batam menumpang pesawat Saudi Arabia.

Baca: Laga Grup A Piala AFF U-16 2018 Lawan Timnas Indonesia, Kamboja Sempat Repotkan Vietnam 

Lebih lanjut dijelaskanya, JCH Rohul, akan menempuh perjalanan sekitar 8 jam. Diperkirakan akan tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Senin petang sekira pukul 18.00 WIB.

Syahrudin mengungkapkan, pada pemberangkatan JCH ke Jeddah, ada tiga JCH Rohul masih dalam kondisi sakit. Ketiga JCH yang dikabarkan menderita penyakit gula ini diberangkatkan pakai kursi roda‎, dibantu TPHD atau petugas haji.

"Tapi tetap kita berangkatkan, tidak ada masalah. Penyakitnya gula," ungkapnya.

Baca: Laga Grup A Piala AFF U-16 2018 Lawan Timnas Indonesia, Kamboja Sempat Repotkan Vietnam 

Lebih lanjut dijelaskanya, Tiga JCH yang berangkat menggunakan kursi Roda tersebut yakni, Jupri Jch asal Kepenuhan dikerenakan kaki diamputasi, selanjutnya, Sumaryati JCH asal Kunto Darussalam, karena hipertensi.

"Sedangkan JCH ke tiga yakni Penisah dari ujung Batu yang terkena penyakit Diabetes," terangnya.

Syahrudin menghimbau kepada TPHD atau petugas haji untuk membantu proses ibadah ke tiga JCH tersebut, sehingga ke tiga JCH tetap bisa menjalankan ibadah seperti JCH lainya.

Bukan hanya itu saja, Kakan juga menghimbau kepada pendamping untuk fokus dalam mendampingi JCH yang sakit, dan bagi JCH yang sakit fokuslah untuk ibadah.

Baca: Pemda Fokus Bangunan Kota Pangkalan Kerinci, DPRD: Tak Ada Kata Terlambatlah

"Jadi kepada tiga JCH untuk tidak memikirkan keadaan, jangan terlalu bersedih karena ibadah haji tidak semua orang bisa pergi maka fokus lah untuk ibadah," pesannya.

Syahrudin juga menghimbau kepada Kepada petugas Keloter dan petugas medis, untuk fokus terhadap kondisi JCH yang mengalami gangguan kesehatan termasuk tiga JCH yang menggunakan kursi Roda. ‎

Baca: Rudenim Pekanbaru Terima 31 WNA Banglades Dari Dumai Untuk Proses Keimigrasian

Terlepas itu, Syahrudin menambahkan bahwa ada 2 JCH Rohul lain yang sebelumnya dilaporkan sakit batal berangkat ke tanah suci pada tahun ini. Dan seorang JCH lagi batal berangkat karena meninggal dunia.

"Kedua JCH Rohul yang sakit jauh hari sebelum jadwal keberangkatan, sambung Syahrudin, akan mendapatkan prioritas kuota pada keberangakatan haji tahun 2019 mendatang," pungkasnya.(*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help