Pekanbaru

Kunjungi Riau, Sri Sultan Hamengku Buwono X Berpesan Ini pada Masyarakat Keturunan Yogyakarta

Berkunjung ke Riau Sri Sultan Hamengku Buwono X (HB X berharap masyarakat jawa perantauan untuk menjaga dan mendukung pembangunan daerah

Kunjungi Riau, Sri Sultan Hamengku Buwono X Berpesan Ini pada Masyarakat Keturunan Yogyakarta
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Laporan wartawan Tribunpekanbaru.com, Syahrul Ramadhan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Sri Sultan Hamengku Buwono X (HB X) menyempatkan diri mengunjungi masyarakat Riau keturunan Yogyakarta di Riau pada Jumat (10/8/2018) di Alamayang Kota Pekanbaru.

Baca: Lengkapi Pejabat Desa, Pemkab Inhil Lantik Kades Selat Nama

Kunjungan yang disambut oleh ratusan masyarakat Riau keturunan Yogyakarta dibawah naungan Paguyuban Kawulo Ngayogyokarto Sekitarnya (PKNS) Riau itu berlangsung non formal dan penuh keakraban.

Sri Sultan HB X ketika diwawancarai mengatakan, dirinya merasa masyarakat keturunan Yogyakarta di Riau bisa beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan baik dimana mereka berada.

Baca: Lewat Program TMMD, Kodim 0320/Dumai Bantu Pembangunan Posyandu di Kampung Baru

"Sebagai masyarakat Yogyakarta di perantauan, tentunya menjadi sangat penting untuk menjaga identitasnya sebagai masyarakat Yogyakarta," ungkap Sri Sultan.

"Sebagaimana saya selalu berpesan kepada warga dan mahasiswa yang merantau ke Yogya, untuk tidak melupakan identitas daerah asal masing-masing," tambahnya.

Baca: Pertamina TBBM Dumai dan Rumah Zakat Tanam 3000 Bibit Bakau di Bandar Bakau Dumai

Dijelaskannya, sedikitnya ada lima kriteria yang harus tetap dijaga oleh setiap masyarakat yang merantau.

Yakni, bahasa lokal, pakaian lokal, menu makanan lokal tradisi dan budaya. Menurut Sr Sultan, kelima unsur tersebut harus dijaga dan dilestarikan dengan baik sebagai identitas masing-masing.

Baca: Proyek Peningkatan Jalan Pramuka di Meranti Dinilai Lambat, Dewan Akan Lakukan Ini

"Disamping itu, masyarakat Riau keturunan Yogyakarta berkewajiban mendukung penuh program pemerintahan setempat," terangnya.

"Termasuk, berpartisipasi pada pembangunan daerah juga merupakan hal yang sangat penting," pungkas Sri Sultan.

Dalam kunjungan tersebut, Sri Sultan HB X juga menyempatkan untuk mengukuhkan Dewan Kasepuhan, Majelis Pertimbangan Kasepuhan dan Pengurus PKNS Riau 2018-2023. (Mad)

Penulis: Syahrul
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help