Kadisbud Ajak Masyarakat Riau Doakan Tenas Effendi Terima Penghargaan dari Presiden

Disbud Riau memberikan motivasi terkait dengan diusulkannya nama almarhum Tenas Efendi sebagai salah satu penerima penghargaan dari negara

Kadisbud Ajak Masyarakat Riau Doakan Tenas Effendi Terima Penghargaan dari Presiden
Foto/LAMRiau
(Almarhum)H Tenas Effendy 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Yoserizal Zen mengajak masyarakat Riau untuk mendoakan Budayawan Melayu Riau (Almarhum) Tenas Effendi yang diusulkan menerima gelar dan tanda kehormatan dari Presiden Republik Indonesia untuk terpilih.

Baca: Pemkab Inhil Apresiasi Kegiatan Mahasiswa KKN UIN Suska Di Teluk Kiambang

"Mari kita doakan agar almarhum pak Tenas Effendi menerima penghargaan dari Pemerintah atas jasanya selama ini dibidang kebudayaan, mudah-mudahan diterima, "ujar Yoserizal.

Pengusulan pemberian gelar dan tanda kehormatan kepada “panglima kebudayaan” sebelumnya diusulkan oleh Kemendikbud RI sejak beberapa bulan lalu kepada tim.

Baca: Nabil FC Menang 9-0 atas Flamboyan FC 9 - 0 di Liga 3 Zona Riau

Menurut Yoserizal Zen yang juga Ketua Umum Dewan Kesenian Riau ini, gelar dan tanda kehormatan untuk Tenas Effendi diusulkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ke Setneg, dimana tanda kehormatan yang diusulkan adalah Bintang Maha Putra dan Budaya Parama Dharma.

Baca: Indonesia vs Taiwan di Asian Games 2018, Indonesia Menang Telak, Bertabur Gol Cantik

"Kita menunggu keputusan Presiden gelar dan tanda kehormatan apa yang diterima bapak ‘Tunjuk Ajar’ ini," ujar Yos.

Selain disematkan di Istana Negara, tambah Yos, seandainya lolos, perayaan selamat juga akan dilaksanakan tanggal 26 September di Kemendikbud RI.

Baca: HASIL AKHIR U-23 Indonesia vs Taiwan di Grup A Asian Games 2018, Indonesia Menang 4-0

Kemendikbud mengusulkan Datuk Tenas didasari atas jasanya di bidang kebudayaan dan lainnya di Indonesia, bahkan pengaruh beliau di bentangan Asia Tenggara.

Bahkan dua karya Tenas yakni, Tunjuk Ajar Melayu dan Selembayung telah mendapat pengakuan sebagai warisan budaya nasional dengan meraih sertifikat Warisan Budaya Takbenda (WBTB) dari Kemendikbud RI tahun 2016.(*)

Penulis: Nasyuha
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help