Pekanbaru

Ada Korelasi Kesehatan Gigi dengan Penyakit Jantung, Begini Penjelasan Dokter RS Awal Bros Pekanbaru

Bertepatan dengan Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day, RS Awal Bros Pekanbaru menggelar kegiatan seminar awam, Sabtu (29/9/2018).

Ada Korelasi Kesehatan Gigi dengan Penyakit Jantung, Begini Penjelasan Dokter RS Awal Bros Pekanbaru
Tribun Pekanbaru/Rizky Armanda
Bertepatan dengan Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day, Rumah Sakit (RS) Awal Bros Pekanbaru menggelar kegiatan seminar awam, Sabtu (29/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru: Rizky Armanda

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Bertepatan dengan Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day, Rumah Sakit (RS) Awal Bros Pekanbaru menggelar kegiatan seminar awam, Sabtu (29/9/2018).

Adapun fokus pembahasan dalam seminar yang dihadiri seratusan orang dari berbagai elemen masyarakat ini, adalah soal korelasi antara kesehatan gigi dengan penyakit jantung.

Dimana, tentang masalah ini belum banyak masyarakat awam yang tahu. Untuk itu, RS Awal Bros ingin memberikan pengetahuan umum terkait hal tersebut.

Baca: VIDEO: Live Streaming Jepang vs Oman Piala AFC U-16 2018 di Fox Sports 2, Mulai Pukul 15.30 WIB

Ada dua narasumber ahli yang dihadirkan untuk menyampaikan materi. Diantaranya dr. Mutiara Harvia D, Sp. Perio dan dr. Dasdo Antonius S, SpJP, FIHA.

Manajer Pelayanan dan Penunjang Medis RS Awal Bros Pekanbaru, dr. Vandra Yovano MARS, selain memberikan pelayanan medis, pihaknya memang berkomitmen untuk memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat.

"Kita rutin melaksanakan seminar seperti ini. Kali ini temanya masalah jantung, bertepatan dengan Hari Jantung Sedunia. Mungkin masalah jantung koroner sudah tidak asing, tapi ada sisi lain yang belum tereksplor, yaitu masalah kesehatan mulut dan gigi yang ada kaitannya dengan jantung," kata dr. Vandra.

Lanjut dia, mulut atau gigi tidak sehat, bisa menjadi pintu masuk kuman. Jika terjadi infeksi dan timbul kuman di mulut, maka bisa langsung masuk ke pembuluh darah.

"Semua darah, terminalnya ada di jantung. Jika kuman hidup di sana, tentu ini bisa fatal. Untuk itu kita merasa perlu untuk mengeduasi masyarakat bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut," ujar dia lagi.

Baca: Bapenda Perpanjang Batas Waktu Pembayaran PBB, Ini Alasanya

Sementara itu, dr. Dasdo Antonius S, SpJP, FIHA selaku seorang narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini menyebutkan, sebagian orang jika berbicara dengan jantung, mengaitkan dengan jantung koroner, penyempitan pembuluh darah jantung, atau orang meninggal dunia mendadak.

Halaman
12
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help