Berita Riau

Pencairan Beasiswa Tidak Tuntas, Komisi V DPRD Riau Minta Pemprov Transparan

Masih banyak mahasiswa yang masuk dalam daftar penerima beasiswa namun belum dicairkan.

Pencairan Beasiswa Tidak Tuntas, Komisi V DPRD Riau Minta Pemprov Transparan
IST
Ketua Komisi V DPRD Riau, Aherson 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisi V DPRD Provinsi Riau yang membidangi masalah pendidikan meminta kepada Pemprov Riau agar memberikan penjelasan secara transparan terkait belum tuntasnya penyaluran bantuan pendidikan kepada mahasiswa di Riau.

Pasalnya hingga saat ini masih banyak mahasiswa yang masuk dalam daftar penerima beasiswa namun belum dicairkan.

"Kalau memang sudah dianggarkan dan uangnya ada, sebaiknya diimbau kepada mahasiswa untuk melengkapi berkasnya untuk pencairan beasiswa itu," kata Ketua Komisi V DPRD Provinsi Riau, Aherson, Minggu (2/12/2018).

Baca: VIDEO: Live Streaming Bali United Vs Persija Jakarta Liga 1 Minggu Pukul 18.30 WIB

Namun jika memang saat ini terjadi masalah ketersediaan anggaran, sehingga tidak seluruhnya penerima bantuan pendidikan ini bisa mendapatkan beasiswa, seharusnya Pemprov Riau juga menyampaikan kondisi tersebut. Sebab jika Pemprov Riau tidak memberikan penjelasan secara jelas, maka mahasiswa yang seharusnya mendapatkan bantuan pendidikan ini akan bertanya-tanya kenapa beasiswa tersebut tidak dicairkan.

"Jika ada kendala keuangan daerah disampaikan saja. Sehingga mahasiswa yang seharusnya mendapatkan bantuan itu tidak menunggu-nunggu dan tidak bertanya-tanya," ujarnya.

Selan itu, politisi partai Demokrat Riau ini juga meminta agar mahasiswa yang mendapatkan bantuan pendidikan ini untuk lebih pro aktif lagi.

Jika memang namanya masuk dalam daftar penerima, tapi belum dicairkan, mahasiswa yang bersangkutan harus aktif bertanya. Sehingga jika terjadi kesalahan atau berkas yang kurang bisa segera dilengkapi.

"Beasiswa itu kan sudah kita anggarkan untuk beberapa universiitas berdasarkan usulan dari perguruan tinggi. Datanya siapa yang pantas mendapakan itu kan semua sudah ada. Nah, untuk teknis pembayaranaya tergantung BPKAD. Mahasiswa harus pro aktif, kalau memang belum dicairkan, silahkan tanyakan ke BPKAD," bebernya.

Jika mahaiswa tidak ingin mempertanyakan ke pemerintah provinsi Riau, pihaknya menyarankan agar mahasiswa yang belum mendapatkan beasiswa tersebut membuat surat yang ditujukan ke Komisi V DPRD Riau. Sehingga pihaknya bisa menindaklanjutinya ke Pemprov Riau terkait kendala apa yang menyebabkan penyaluran beasiswa tersebut tidak tuntas seluruhnya.

Baca: Peringati Hari Diabetes Sedunia, Aulia Hospital Gelar Senam Diabetes Bersama Masyarakat

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved