Berita Riau

Bawaslu Berharap Kasus Kades di Inhil Jadi Pelajaran Bagi yang Lain

Kades Tegal Rejo Jaya, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir, Syahrial divonis 8 bulan dan denda Rp 5 juta

Bawaslu Berharap Kasus Kades di Inhil Jadi Pelajaran Bagi yang Lain
Istimewa
Kepala Desa (Kades) Tegal Rejo Jaya, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir, Syahrial divonis 8 bulan dan denda Rp 5 juta subsider 2 bulan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tembilahan Senin (4/2/2019). 

Laporan wartawan tribunpekanbaru.com Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kepala Desa (Kades) Tegal Rejo Jaya, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir, Syahrial divonis 8 bulan dan denda Rp 5 juta subsider 2 bulan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tembilahan Senin (4/2/2019).

Syahrial terbukti telah melanggar Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Pasal 490 dengan ikut mengajak pemilih memenangkan salah satu caleg.

Baca: Pindah ke Rumah Baru, Pria Ini Kaget Temukan Mayat Terbungkus Selimut di atas Tempat Tidur

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau Rusidi berharap peristiwa yang menimpa Syahrial hendaknya bisa menjadi pembelajaran bagi aparat pemerintah lainnya mulai dari tingkat Desa hingga ke tingkat yang lebih tinggi.

"Kita berharap bisa menjadi pelajaran, bagaimana agar aparat bekerja sesuai dengan tugasnya dan tentunya tidak merusak jalannya demokrasi,"ujar Rusidi Rusdan kepada Tribun Selasa (5/2).

Rusidi Rusdan juga menambahkan sebelumnya pihak Bawaslu juga sudah mengundang perwakilan aparatur pemerintah, dalam Rakor tersebut Bawaslu juga menyampaikan komitmen bersama dalam mensukseskan Pemilu 2019 dan bersifat netral.

"Bahkan sampai ke tingkat RT dan RW yang kita lakukan sosialisasi bersama mengawal jalannya pelaksanaan pemilu,"ujar Rusidi Rusdan.

Untuk diketahui vonis putusan hakim tersebut itu lebih berat dibanding dengan tuntutan jaksa penuntut umum dengan tuntutan hukuman 3 bulan penjara dan denda sebesar Rp5 juta subsider 2 bulan.

Menanggapi putusan yang dituangkan didalam Petikan Putusan Perkara Pidana dengan nomor 18/PID.SUS/2019/PN TBH ini, terdakwa Syahrial melalui kuasa hukumnya, langsung menyatakan banding.

"Terdakwa melalui kuasa hukumnya menyampaikan akan mengambil upaya hukum Banding," ungkap Anggota Bawaslu Kabupaten Inhil Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Rois Habib, usai mengikuti sidang dengan agenda Pembacaan Putusan di Kantor PN Tembilahan kepada Humas Bawaslu Riau.

Halaman
12
Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved