10 Perguruan Tinggi Terbaik versi Webometrics. Hanya Satu Kampus di Luar Jawa, Berikut Daftarnya

Webometrics melansir 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Apa sajakah perguruan tinggi terbaik itu ?

10 Perguruan Tinggi Terbaik versi Webometrics. Hanya Satu Kampus di Luar Jawa, Berikut Daftarnya
kompas.com
kampus terbaik di indonesia 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Webometrics kembali melakukan pemeringkatan terhadap perguruan tinggi di Indonesia. Pemeringkatan itu dilakukan sepanjang Januari 2019.

Lantas, dari hasil pemeringkatan itu, perguruan tinggi mana sajakah yang dinilai sebagai kampus terbaik di Indonesia.

Sebelum kita, menampilkan hasil pemeringkatan itu, perlu diketahui, seperti dikutip dari ubaya.ac.id,  Webometrics adalah sebuah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol.

Cybermetrics Lab sendiri dikhususkan untuk melakukan analisis kuantitatif Internet dan Web Content, khusus yang berkaitan dengan proses generasi dan komunikasi ilmiah dari pengetahuan ilmiah.

Baca: Pendaftaran PPPK 2019 (P3K 2019) via sscasn.bkn.go.id Dimulai Minggu 10 Februari 2019, Ini Linknya

Baca: Delapan Bulan Buka Donasi Rakyat, Malaysia Kumpulkan Rp 695,4 Miliar Untuk Bayar Hutang

Baca: Polisi Rilis Kronologi Lakalantas Tewaskan Pelajar SMP di Jalan Arifin Achmad, Korban Hendak Belok

Motivasi dasar dari Cybermetrics Lab adalah mendorong penggunaan website sebagai media promosi institusi pendidikan tinggi guna mencerminkan secara keseluruhan tentang institusi pendidikan tinggi itu sendiri.

Filosofi dasar dari Webometrics Ranking untuk Universitas di Dunia ini seperti dikemukakan oleh Dr (h.c.) Isidro F. Aguillo salah satu Inisiator Webometrics, adalah untuk mempromosikan publikasi Web.

Secara lebih detil tujuannya adalah mendukung inisiatif akses terbuka (open access), akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya.

Indikator pemeringkatan web disini, tidak saja didasarkan pada jumlah kunjungan atau desain halaman tapi yang lebih penting adalah kinerja global dan visibilitas dari universitas itu sendiri.

Dengan kata lain fokus pemeringkatan sendiri terdapat pada ketersediaan aspek-aspek yang relevan yang terdapat di universitas, seperti halnya hasil-hasil penelitian atau karya ilmiah lainnya yang dilakukan oleh pengajar maupun mahasiswa yang diunggah ke dalam bentuk website.

Terdapat tiga metodologi penilaian Webometrics, sebagai berikut : 

Halaman
1234
Editor: rinalsagita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved