Karhutla di Riau

KEBAKARAN Hutan dan Lahan di Pulau Burung, Satu Unit Helikopter BPBD Riau Diturunkan untuk Pemadaman

Kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Pulau Burung, Indragiri Hilir, Riau, satu unit helikopter BPBD Riau diturunkan untuk pemadaman

KEBAKARAN Hutan dan Lahan di Pulau Burung, Satu Unit Helikopter BPBD Riau Diturunkan untuk Pemadaman
Tribun Pekanbaru/T Muhammad Fadli
KEBAKARAN Hutan dan Lahan di Pulau Burung, Satu Unit Helikopter BPBD Riau Diturunkan untuk Pemadaman 

KEBAKARAN Hutan dan Lahan di Pulau Burung, Satu Unit Helikopter BPBD Riau Diturunkan Pemadaman

TRIBUNPEKANBARU.COM, PULAUBURUNG - Kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Pulau Burung, Indragiri Hilir, Riau, satu unit helikopter BPBD Riau diturunkan untuk pemadaman.

Satu unit helikopter milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau akhirnya dikerahkan untuk mengatasi Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) di Desa Danai, Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Jum’at (29/3/2019).

Kencangnya angin membuat api semakin sulit untuk dipadamkan, sehingga BPBD Inhil dan tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, pihak perusahaan setempat, masyarakat dan pihak terkait lainnya kewalahan dalam memadamkan api yang juga sulit dijangkau.

Baca: FDJ Cantik Ini Tampil di Abege Cafe and Pool pada Akhir Pekan, Nikmati Musik DJ Sambil Main Billiard

Baca: Demokrat Riau Suarakan Prabowo-Sandi di Kampanye Akbar, Hasil Survei Tunjukan Selisih Makin Menipis

Baca: Kumpulkan TOKEN EMAS Hingga 20 Gram per Orang Belanja di Ace Hardware Living World Pekanbaru Riau

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Inhil, Yuspik, SH menuturkan, melihat kondisi Karhutla yang kian sulit, BPBD Inhil meminta bantuan waterboming dari helikopter BPBD Inhil.

“Masih dilakukan pemadaman dan pendinginan. Semalam kita sudah minta helikopter ke provinsi, Alhamdulillah tadi jam 8 sampai jam 11 sudah turun ke lokasi. Alhamdulillah bantuan heli besok beroperasi lagi,” ujar Yuspik langsung dari lokasi Karhutla di Desa Danai.

Selain dibantu waterboming, BPBD Inhil juga menurunkan, antara lain 7 unit Mesin jinjing, 2 unit mesin apung 2, 1 mesin busa 1 untuk mengatasi Karhutla yang terjadi Di Desa Danai.

“Lokasi Karhutla jauh dari pemukiman warga. Lahan yang terbakar kebun masyarakat dan lahan kosong milik masyarakat,” imbuh Yuspik.

KEBAKARAN Hutan dan Lahan di Pulau Burung, Satu Unit Helikopter BPBD Riau Diturunkan untuk Pemadaman
KEBAKARAN Hutan dan Lahan di Pulau Burung, Satu Unit Helikopter BPBD Riau Diturunkan untuk Pemadaman (Tribun Pekanbaru/T Muhammad Fadli)

Selain angin kencang dan lokasi api yang jauh, Yuspik membeberkan, sumber air yang sulit dilokasi Karhutla juga menjadi kendala tim memadamkan api dan mendinginkan lokasi Karhutla.

“Ini aja sudah masuk dari titik air kami sedot sekitar 18 meter ke lokasi, sudah 30 sambung selang estafet mesin 3 unit,” tutur Yuspik.

Baca: Mahasiswi CANTIK dan Cewek Cantik Bisnis Sampingan Make Up Artis, Belajar dari Tutorial di Youtube

Baca: KISAH Cewek Cantik Berdarah MINANG di Pekanbaru, KELILING 17 Provinsi di Indonesia Selama 73 Hari

Baca: KISAH Cewek Cantik ANAK BUNGSU Asal Pekanbaru, Melenggang ke Istana Negara Berkat Marching Band

Mengenai sebaran luas Karhutla yang terbakar, BPBD Inhil belum bisa memastikan berapa total pasti lahan yang terbakar, namun BPBD Inhil memperkirakan total sekitar 75 hektare lahan sudah terbakar di Pulau Burung.

“Sekitar 75 an lah. Kita belum bisa pastikan karena pemadaman dan pendinginan masih berlangsung,” pungkasnya.

Sementara itu, Koramil 11 Pulau Burung, Kapten Inf Ujang z, menambahkan, upaya lain yang dilakukan untuk mendapatkan sumber air antara lain dengan membuat sekat kanal, membuat Sumur kecil di lokasi Karhutla, membuat Sumur/Embung dengan
menggunakan eksafator milik PT RSUP.

“Saat ini Kondisi api sudah padam, namun bara api dan asap masih tebal, kemungkinan api akan hidup kembali apabila di tiup angin kencang. Sampai saat ini pemadaman dan pendinginan masih terus dilaksanakan, tim juga masih siaga di lokasi kebakaran,” ucap Kapten Ujang yang juga ikut langsung menangani Karhutla.

KEBAKARAN Hutan dan Lahan di Pulau Burung, Satu Unit Helikopter BPBD Riau Diturunkan Pemadaman. (Tribunpekanbaru.com)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved