Rokan Hulu

Tokoh Rohul Riau Achmad Panen Lengkeng Bersama Masyarakat di Kebunnya

Panen kelengkeng perdana di luas areal sekitar 3,5 hektar ini disaksikan ratusan masyarakat Rohul.

Tokoh Rohul Riau Achmad Panen Lengkeng Bersama Masyarakat di Kebunnya
Istimewa
Drs. H. Achmad, M.Si bersama masyarakat Rokan Hulu (Rohul), melakukan panen buah kelengkeng perdana di Kawasan Agro wisata lengkeng Rizki Ahmadi Putra, yang berada di Kecamatan Rambah. 

Tokoh Rohul Riau Achmad Panen Lengkeng Bersama Masyarakat di Kebunnya

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Drs. H. Achmad, M.Si bersama masyarakat Rokan Hulu (Rohul), melakukan panen buah kelengkeng perdana di Kawasan Agro wisata lengkeng Rizki Ahmadi Putra, yang berada di Kecamatan Rambah.

Panen kelengkeng perdana di luas areal sekitar 3,5 hektar ini disaksikan ratusan masyarakat Rohul, ‎yang juga ingin mencicipi kelengkeng dengan jenis unggul.

‎Terlihat ratusan masyarakat memadati kawasan Kawasan Agro wisata lengkeng Rizki Ahmadi Putra, untuk ikut memanen dan mersakan manisnya buah kelengkeng unggul ini.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Video Live Streaming Persela Vs Madura United, Live Indosiar

Drs.H. Achmad, M.Si yang juga tokoh masyarakat Rohul ini mengaku, lengkeng yang ditanamnya di Kawasan Agro wisata lengkeng Rizki Ahmadi Putra, merupakan jenis kelengkeng ITO, yang bersal dari Yogyakarta.

"Jadi di areal kurang lebih 3,5 hektar ini sudah kita tanam jenis Ito yang berasal dari Yogyakarta dengan harga bibir satu pokoknya Rp 75 ribu," katanya, Minggu (31/3/2019).

Lebih lanjut dijelaskanya, keunggulan dari lengkeng jenis ITO ini, dari sisi umur cukup cepat untuk masa panennya, dimana 2 tahun 2 bulan sudah berbuah dan bisa dipanen, dengan syaratnya air jangan kurang dan pupuk kandang.

"Jadi air jangan sampai kurang dan setiap batangnya mesti ada air, terlebih musim kamerau. Untuk usia produktifnya mencapai umur 40 tahun, dengan catatan di rawat," imbuhnya.

Lebihlanjut dijelaskanya, untuk puncak produksinya atau masa keemasanya itu apabila sudah mencapai umur 4 tahun, dengan hasil produksi per batangnya bisa mencapai 100 Kilogram (Kg).

Diakuinya, saat ini harga lengkeng jenis ITO 1 Kg nya dihargai Rp 50 Ribu, tentunya ini merupakan tanaman yang menjanjikan ketimbang pohon sawit.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG VIDEO Live Streaming Masterchef Indonesia 2019, Siapa Bakal Tereliminasi?

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved