Setelah 46 Tahun Hilang, Mobil Jaguar Ini Kembali ke Pemiliknya

Pada 1968, Ivan Schneider membeli sebuah mobil Jaguar konvertibel yang merupakan mobil mewah pertama yang dimilikinya.

Setelah 46 Tahun Hilang, Mobil Jaguar Ini Kembali ke Pemiliknya
AP Photo
Jaguar konvertibel XK-E 1967 ini ditemukan kembali setelah hilang 46 tahun lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, LOS ANGELES — Apakah Anda pernah berharap bisa menemukan barang Anda  yang hilang bertahun-tahun? Ivan Schneider, seorang pengacara asal Manhattan, New York, ini mungkin juga tak berharap mendapatkan kembali mobil Jaguarnya yang hilang 46 tahun lalu.

Pada 1968, Ivan Schneider membeli sebuah mobil Jaguar konvertibel yang merupakan mobil mewah pertama yang dimilikinya. Sayangnya, mobil cantik itu hilang dicuri. Schneider tentu saja melaporkan kejadian itu ke Kepolisian New York. Namun, mobil itu tak pernah ditemukan hingga 46 tahun kemudian.

Seorang analis yang bekerja untuk Patroli Perbatasan dan Bea Cukai AS melakukan pemeriksaan rutin terhadap data mobil curian dan mendapatkan temuan hebat, yaitu sebuah Jaguar XKE 1967 yang sangat cantik milik Schneider.

Masalahnya, mobil itu berada di dalam sebuah kontainer di atas sebuah kapal barang menuju Eropa. Kapal barang itu sudah dua hari meninggalkan Pelabuhan Long Beach di Samudra Pasifik.

Para penyidik dari Patroli Jalan Raya California (CHP) dan Biro Kejahatan Asuransi Nasional langsung bekerja. Salah seorang penyidik CHP Michael Maleta menghubungi Schneider di kediamannya saat ini, yaitu Florida.

"Pada awalnya, dia mengira ini hanya sekadar kelakar. Namun, kami berhasil meyakinkannya dan dia sangat senang," kata Maleta.

Ternyata, meski sudah hilang hampir setengah abad, Schenider selalu mengingat mobil yang hanya sekejap dimilikinya itu. Dia mengaku setiap kali membeli mobil baru dia selalu terkenang Jaguarnya itu. "Saya selalu mengatakan Jaguar itu adalah yang tercantik," kata Schneider yang kini berusia 82 tahun.

Saat melacak sejarah mobil itu, Maleta mengetahui seorang pria asal California selatan yang akan mengirim mobil itu ke Belanda telah memilikinya selama tiga bulan. Pria itu membelinya dari seseorang di San Joaquin Valley yang sudah memiliki mobil itu selama 40 tahun,

Namun, apa yang terjadi antara saat mobil itu dicuri di kawasan elite New York hingga tiba di California, Maleta berharap penyelidikannya akan memberikan jawaban. Setelah kembali dari Belanda juga lewat perjalanan laut, mobil itu kembali ke California selatan, dua bulan setelah polisi akhirnya berhasil menemukan mobil itu.

Mobil itu sudah berkarat dan menderita banyak goresan di tubuhnya. Meski demikian, harga pasarannya masih mencapai 24.000 dollar atau sekitar Rp 288 juta. Jika mobil itu direstorasi, harganya akan meningkat.

Schneider memang berencana untuk merestorasinya. Namun, dia tak tergesa-gesa melakukannya. Mobil itu sudah tua demikian pula dirinya. Meski sangat cantik, mobil itu juga dikenal kerap bermasalah dengan mesinnya. "Saya akan menggunakan mobil itu pada hari Minggu," kata Schneider.

Editor: Muhammad Ridho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved