Siak

Tuntut Udara Bersih, Besok Ratusan Massa LMR Kepung Gerbang PT IKPP

Massa akan bergerak dari Markas Komando LMR Siak di Simpang Empat Lampu Merah KPR 1 menuju titik aksi.

Tuntut Udara Bersih, Besok Ratusan Massa LMR Kepung Gerbang PT IKPP
Tribun Pekanbaru/Mayonal putra
Salah satu spanduk LMR Siak yang akan dibentangkan saat menggelar aksi demonstrasi, Senin (10/4/2017). 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Mayonal Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Ratusan massa yang tergabung ke dalam Laskar Melayu Rembuk (LMR) kabupaten Siak bakal mengepung pintu gerbang Barat, arah kenuju Bunut, PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Senin (10/4/2017) besok.

Massa akan bergerak dari Markas Komando LMR Siak di Simpang Empat Lampu Merah KPR 1 menuju titik aksi.

Aksi yang digelar LMR tersebut buntut dari tidak terkelolanya limbah di pabrik kertas terbesar ASIA tersebut. Sehingga warga menghirup udara terkontaminasi serbuk dan parit-parit warga yang dicemari limbah cair anak perusahaan Sinarmas Group itu.

Protes demi protes sering dilakukan organisasi massa di kabupaten Siak. Namun, persoalan itu tak kunjung selesai hingga saat ini.

Panglima Muda LMR Siak Firdaus mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan perlengkapan aksi sejak Minggu (9/4/2017). Seperti pengeras suara, spanduk, dan umbul-umbul lainnya.

"Kami long march dari Markas menuju pintu gerbang perusahaan itu. Kami akan menggelar orasi dan membentang spanduk," kata dia.

Tidak hanya itu, aksi tersebut hanya diinisiasi pihaknya. Namun yang tergabung di dalamnya juga dari masyarakat kota Perawang. Sebab, yang diperjuangkan, kata Firdaus, adalah kepentingan masyarkat banyak.

"Sampai kapan masyarakat Perawang menghirup udara tercemar, bermain di parit tercemar dan tanpa ada kontribusi dari pihak perusahaan. Makanya kami ingin membicarakan hak-hak dan keadilan. Menghirup udara bersih adalah hak semua orang, tapi masyarakat Perawang tidak mendapatkannya," kata dia.

Selain itu, ia menyebut matahari terbit nyaris tidak terlihat di kota Perawang. Sebab, matahari terbit dihalangi oleh gumpalan asap tebal yang disemburkan cerobong-cerobong raksasa perusahaan itu.

"Kembalikan matahari terbit, atau pindahkan gumpalan asap pabrik yang menghalangi matahari terbit," begitu bunyi salah satu spanduk yang disiapkan massa LMR ini.

SUBSCRIBE Youtube --> Tribun Pekanbaru,

LIKE Halaman Facebook --> Tribun Pekanbaru,

FOLLOW Twitter --> @tribunpekanbaru.

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Muhammad Ridho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved