Breaking News:

Stroke Center Kini Sudah Ada di RS Awal Bros Pekanbaru

Stroke Center yang resmi beroperasi sejak dibuka Sabtu (11/8/2018) ini, diharapkan bisa melayani penderita stroke secara cepat

Penulis: Rizky Armanda | Editor: David Tobing
Tribun Pekanbaru
Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru secara resmi membuka Stroke Center, llayanan terpadu khusus untuk pasien penderita stroke. Stroke Center yang resmi beroperasi sejak dibuka Sabtu (11/8/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru: Rizky Armanda

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru secara resmi membuka Stroke Center, llayanan terpadu khusus untuk pasien penderita stroke.

Stroke Center yang resmi beroperasi sejak dibuka Sabtu (11/8/2018) ini, diharapkan bisa melayani penderita stroke secara cepat, tepat dan komprehensif.

Selain itu, dengan adanya Stroke Unit yang saat ini memiliki 7 bed (tempat tidur), kini para penderita stroke dapat memperoleh penanganan dengan lebih cepat.

Baca: VIDEO: Aksi Teatrikal Mahasiswa di Jalan untuk Galang Bantuan Korban Gempa Lombok

"Selama ini, pasien stroke yang datang ke rumah sakit biasanya datang melalui UGD, kalau memang harus dirawat, baru diarahkan ke ICU atau ruangan rawat inap lain. Di UGD, berlaku skala prioritas. Penanganannya sesuai dengan kedaruratan tidak difokuskan pada pasien stroke saja," ujar Direktur RS Awal Bros Pekanbaru dr. Nurhidayati Endah Puspita Sari, MARS.

Lanjut wanita yang akrab disapa dr. Ita ini, sekarang, dengan adanya stroke center, pasien UGD yang di diagnosis stroke, bisa langsung diarahkan ke Stroke Unit.

"Disana (Stroke Unit) pasien stroke akan langsung ditangani dengan cepat. Setelah stabil dan stroke akutnya tertangani, baru akan diarahkan ke ruang inap biasa atau intensif," kata dr. Ita.

Baca: VIDEO: Aksi Teatrikal Mahasiswa di Jalan untuk Galang Bantuan Korban Gempa Lombok

Disebutkan dia, dengan layanan yang lebih cepat dan terpadu, maka potensi pasien mengalami kecacatan bisa diminimalisir.

"Stroke mungkin tidak seperti jantung yang bisa langsung menimbulkan kematian, tidak semua stroke menimbulkan kematian, berbeda dengan jantung. Tapi orang lebih takut dengan potensi kecacatannya. Sehingga harapannya jika ditangani dengan cepat dan terpadu, maka bisa dikurangi," ucapnya.

Untuk fasilitas Stroke Center di RS Awal Bros Pekanbaru juga sudah lengkap. Dijabarkan dr. Ita, layanan yang diberikan sudah cukup memadai.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved