Padang

Pemprov Sumbar Kumpulkan 750 Kg Rendang, Jika Sudah 1 Ton Langsung Dikirim ke Palu dan Donggala

Pemprov Sumbar juga menerima bantuan berupa pakaian layak pakai, atau lainnya yang dirasa bermanfaat untuk korban gempa tsunami di Palu dan Donggala.

Pemprov Sumbar Kumpulkan 750 Kg Rendang, Jika Sudah 1 Ton Langsung Dikirim ke Palu dan Donggala
Istimewa
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit 

Laporan kontributor tribunpadang.com Riki Suardi dari Padang

TRIBUNPADANG.COM, PADANG – Sejak penggalangan bantuan randang untuk korban gempa dan tsunami yang memporak-porandakan Palu dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, Pemprov Sumbar hingga kini telah berhasil mengumpulkan 720 kg rendang.

“Alhamdulillah sudah 720 kg randang yang terkumpul. Jika jumlahnya sudah 1 ton, maka langsung kami kirim ke lokasi bencana,” kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit usai upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman Gubernuran Sumbar, Senin (1/10/2018).

Baca: Anggota DPRD Pelalawan Ini Tagih Janji Bupati untuk Pecat Honorer yang Jadi Caleg

Untuk pengirimannya, sebut Nasrul Abit, pemprov Sumbar kini tengah mengusakan transportasi yang paling mudah sampai ke lokasi bencana. Bahkan, kata dia, tadi pagi dirinya sudah menugaskan salah seorang ASN untuk ke Bandara Ionternasional Minangkabau (BIM) untuk mencari pesawat mana yang bisa langsung ke lokasi bencana.

“Pokoknya kami carikan yang efektif. Apakah setelah ke BIM kita ke Halim dulu, itu yang tengah dikoordinasikan. Yang penting bagi kami, bantuan randang tersebut jika sudah 1 ton harus dikirim ke lokasi bencana secepat mungkin,” ujarnya.

Bantuan randang tersebut, dihimpun sejak Sabtu (29/9/2018) kemarin, dan semuanya berasal dari bantuan masayarakat umum dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sumbar maupun dari ASN di kabupaten dan kota di Sumbar. Bagi masyarakat atau ASN yang ingin menyumbang untukmkorban, silahkan antar langsung ke Kantor BPBD Sumbar.

Baca: PSPS, Manajemen Baru atau Pemilik Baru?

“Penggalan bantuan randang masih terus kami buka. Kepada masyarakat atau ASN yang turut peduli terhadap para korban bencana gempa dan tsunami, mari sumbangkan bantuan randang melalui Pemprov Sumbar. Tapi kami juga memohon, agar bantuan randang yang akan disumbangkan untuk dipacking dengan berat per setengah kilogram,” ujarnya.

Selain menggalang bantuan randang, sambung Nasrul Abit, Pemprov Sumbar juga menerima bantuan berupa pakaian layak pakai, atau bantuan lainnya yang dirasa bermanfaat untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

“Kalau ada sumbangan pakaian dan lainnya, kami siap untuk menyalurkan ke lokasi bencana melalui BPBD,” imbuhnya.

Baca: Hari Ini Hotspot Menggila di Riau Capai 87 Titik, Bau Asap Mulai Tercium

Kemudian ketika ditanya apakah ada bantuan uang tunai dari Pemprov Sumbar, Nasul Abit mengaku ada. Namun untuk besarannya, masih menunggu ketetapan dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

“Untuk bantuan uang tunai ada aturannya, minimal Rp350 juta dan maksimal Rp500 juta. Kami masih menunggu pak Gubernur. Kalau bisa, besaran uangnya maksimal,” pungkas Nasrul Abit.(*)

Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved