Berita

DBH Riau Tahun 2017 Rp 7,7 T Belum Disalurkan, Pemprov Riau Akan Kumpulkan Seluruh Sekda di Riau

Dari Rp1,7 Trilun BDH Riau yang mengalami tunda salur Rp 337 M milik Pemprov Riau, sisanya dibagi untuk kabupaten kota se-Riau

DBH Riau Tahun 2017 Rp 7,7 T Belum Disalurkan, Pemprov Riau Akan Kumpulkan Seluruh Sekda di Riau
shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Dana Bagi Hasil (DBH) triwulan empat tahun 2017 sebesar Rp1,7 triliun untuk Provinsi Riau ternyata hingga saat ini belum dibayarkan. Sehingga mengalami tunda salur. Hingga ini Pemprov Riau belum menerima tranferan DBH tersebut dari pusat.

Menanggapi belum disalurkanya DBH triwulan ke empat tahun 2017 tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi, akan mengumpulkan Sekda seluruh Kabupaten Kota untuk membahas persoalan tersebut.

Pemerintah Provinsi Riau akan mengumpulkan sekretaris daerah kabupaten/kota se-Riau untuk membahas langkah jemput bola DBH triwulan empat tahun 2017 sebesar Rp1,7 triliun yang mengalami tunda salur.

"Nanti seizin pak gubernur, saya rapat dengan teman-teman Sekda Kabupaten/Kota. Jadi mana yang belum diselesaikan DBH 2017, kita akan urus lagi ke pusat," katanya, Minggu (28/4/2019).

Baca: DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota Akan Temui Kemenkeu Tuntut DBH

Baca: VIDEO: APBD Riau Defisit, Wan Thamrin Minta Komisi VII DPR Perjuangkan Tunda Bayar DBH Riau

Pemprov Riau bersama pemerintah kabupaten kota akan mendesak pusat agar DBH 2017 dapat segera disalurkan.

Sebab keberadaan DBH memang sangat membantu pemerintah daerah untuk memperlancar pembangunan.

"Bisa saja kita lakukan itu (mendesak pusat), apapun kita tempuh untuk kepentingan masyarakat dan menjamin ketersediaan kas daerah," ujarnya.

Namun sebelum mendesak pemerintah pusat, pihaknya sejauh ini langkah diplomasi terus menerus dilakukan Pemprov Riau agar DBH Riau dapat segera disalurkan pusat, walaupun sistemnya bertahap dan sesuai kemampuan keuangan negara.

"Langkah diplomatis terus kita lakukan dengan berbagai cara, tapi hasilnya kan belum. Makanya perlu kita urus lagi ke pusat," ujarnya.

Baca: Syamsuar Temui Menteri Luhut, Sekdaprov Riau: yang Berjuang Cairkan Tunda Salur DBH Kita Apresiasi

Baca: Wakil Rakyat Minta Gubernur Terpilih Serius Perjuangkan DBH ke Pusat

Seperti diketahui, dari Rp1,7 trilun BDH Riau yang mengalami tunda salur oleh pusat ke daerah, Rp 337 miliar diantaranya adalah DBH untuk Pemprov Riau. Sedangkan sisanya dibagi-bagi untuk kabupaten kota se-Riau.

Penyaluran DBH tahun 2017 memang sempat terkendala. Namun saat itu untuk triwulan pertama sampai ke tiga sudah tuntas dibayarkan.

Sejauh ini hanya DBH triwulan ke empat tahun 2017 saja yang belum ditransfer.

Sedangkan untuk DBH tahun 2018 mulai dari triwulan pertama hingga ke empat sudah selesai dibayarkan. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved