Punya 1.271 Judul Buku, Pustaka Desa Jangkang Terbaik Tingkat Provinsi Riau

Pustaka Desa Jangkang, Kecamatan Bantan, Bengkalis, meraih juara pertama pada lomba perpustakaan umum desa terbaik se-Riau.

Punya 1.271 Judul Buku, Pustaka Desa Jangkang Terbaik Tingkat Provinsi Riau
istimewa
Perwakilan Perpustakaan Desa Jangkang (kiri), Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, saat menerima penghargaan sebagai juara pertama lomba Pustaka Desa tingkat Provinsi Riau. 

tribunpekanbaru.com - Perpustakaan Desa (Perpusdes) Jangkang Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, meraih juara pertama tingkat Provinsi Riau, dalam lomba Perpustakaan Umum Desa se-Provinsi Riau.

Keberhasilan Perpusdes Jangkang meraih juara ini diungkap Pengelola Perpusdes Jangkang, Elissa, Rabu (15/5) siang.

“Alhamdulillah, Perpudes Jangkang tahun ini meraih prestasi membanggakan, ini semua berkat kerja keras semua pihak, bukan hanya mengharumkan nama desa, tetapi juga Kabupaten Bengkalis,” ungkapnya.

Perpusdes Jangkang mengalahkan peserta lain dari 6 kabupaten dan kota. Di antaranya Siak, Pelalawan, Rohul, Kampar, Rohil, dan Dumai.

Pada lomba tersebut, Kabupaten Bengkalis meraih juara I, disusul Kabupaten Rohul juara 2, sementara juara 3 diraih Kabupaten Kampar, disusul juara 4 Kabupaten Rohil, juara 5 Kota Dumai, dan juara 6 Kabupaten Pelalawan.

Atas prestasi juara pertama level Provinsi Riau, kini Perpusdes Jangkang bersiap untuk tingkat nasional. Untuk itu, Elissa mohon doa dan dukungan agar meraih prestasi gemilang di tingkat nasional.

Dalam lomba tersebut, ada 11 kriteria penilaian sesuai standar nasional. Di antaranya, perpustakaan harus memiliki gedung sendiri, program kerja perpustakaan, kelembagaan perpustakaan, perabotan dan perlengkapan perpustakaan.

Kemudian kriteria tenaga perpustakaan, koleksi perpustakaan, layanan perpustakaan, anggaran perpustakaan, kerjasama perpustakaan, promosi perpustakaan, serta pembinaan dan hasil kegiatan perpustakaan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Menurut Elissa, Perpusdes Jangkang berdiri tahun 2014, saat ini memiliki 1.272 judul buku meliputi karya umum, filsafat, agama, ilmu sosial, ilmu bahasa, sains murni, ilmu terapan, kesenian, olahraga, kesusastraan, sejarah, referensi, dan peta.

“Sumber buku ada yang dibeli sendiri, hadiah ataupun hibah, juga tukar-menukar melalui kerjasama perpustakaan,” terangnya.

Kepala Desa Jangkang, Edi Sutrisno, mengucapkan selamat dan tahniah kepada Perpusdes Jangkang yang membawa harum nama Desa Jangkang dan Bengkalis di tingkat provinsi. Pemerintah Desa Jangkang komit untuk terus memajukan dan meningkatkan sarana dan prasarana Perpusdes. Ini dibuktikan dengan bantuan dana desa yang digelontorkan Pemdes untuk membangun dan mengembangkan Perpusdes setiap tahun.

“Tujuan kita untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Ini juga salah satu cara untuk mencerdaskan generasi muda Desa Jangkang,” kata Edi. (sir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved