Rengat

Lebih Banyak Peserta UNKP dan Fasilitas Serba Terbatas jadi Penyebab Peringkat UN SMP Inhu Rendah

Seperti yang dijelaskannya jumlah guru di Inhu saat ini sebanyak 4000 an lebih, namun guru yang PNS saat ini berjumlah 1600 an guru.

Lebih Banyak Peserta UNKP dan Fasilitas Serba Terbatas jadi Penyebab Peringkat UN SMP Inhu Rendah
tribun pekanbaru
Siswa SMP sederajat di Kabupaten Inhil saat mengikuti UNBK beberapa hari lalu. Selama pelaksanaan UN SMP tidak ditemukan kendala yang berarti. 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menduduki peringkat 11 dari 12 kabupaten dan kota se Provinsi Riau pada rangking Ujian Nasional (UN) SMP se derajat. Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Inhu, Kamaruzaman melalui Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas), Armen posisi itu tidak beranjak dari tahun sebelumnya.

Rendahnya peringkat UN SMP Inhu tersebut dikarenakan keterbatasan fasilitas. Seperti yang disampaikan Armen, saat ini masih banyak SMP sederajat di Kabupaten Inhu yang melaksanakan Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) dibandingkan yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"UNKP itu gak masuk penilaian, sementara UNBK masuk penilaian karena lebih murni," kata Armen menjelaskan alasan rendahnya peringkat UN SMP Inhu.

Menurut data dari Disdikbud Inhu, jumlah SMP sederajat di Kabupaten Inhu yang mengikuti UN sebanyak 101 sekolah, jumlah siswa yang ikut UN sebanyak 7954 siswa.

Baca: Jadwal Buka Puasa Hari Ini Pekanbaru Ramadan Hari ke-24, Rabu 29 Mei 2019, Lengkap Waktu Imsak Besok

Sementara itu jumlah sekolah yang menggelar UNBK di Inhu sebanyak 58 sekolah dengan total siswa 5510 orang.

Sisanya 43 sekolah masih melaksanakan UNKP dengan total siswa 2444 orang.

"Sebagian sekolah yang melaksanakan UNBK itu menumpang di SMA atau SMK, ada tiga sekolah menumpang di satu SMA," katanya.

Selain itu, menurut Armen rendahnya peringkat UN SMP se derajat di Kabupaten Inhu dikarenakan rendahnya kualitas pengajar.

Seperti yang dijelaskannya jumlah guru di Inhu saat ini sebanyak 4000 an lebih, namun guru yang PNS saat ini berjumlah 1600 an guru.

"Rata-rata guru kita statusnya honorer terutama yang kelas jauh, jadi mereka ngajarnya gak maksimal," kata Armen.

Ke depan, Disdikbud Inhu merencanakan untuk meningkatkan sejumlah fasilitas di Kabupaten Inhu.

Baca: Kelebihan Bayar di DPRD Inhu, Jaksa Periksa Sekwan, Ketua dan Anggota DPRD Inhu Juga akan Diperiksa

Terkait pengumuman UN SMP di Inhu, Armen berkata bahwa pengumuman dilakukan di masing-masing sekolah sekira pukul 14.00 Wib.

"Kita imbau para siswa agar tidak konvoi merayakan kelulusan," kata Armen. (Tribuninhu.com/Bynton Simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved