Bengkalis

Diduga Persiapan Kurang Matang, Peringkat Kelulusan Tingkat SMP Bengkalis Tahun 2019 Ini Menurun

Tahun ini 76 sekolah sudah UNBK, kemungkinan penurunan peringkat kelulusan kita terjadi di sana. Karena faktor persiapan yang kurang matang,

Diduga Persiapan Kurang Matang, Peringkat Kelulusan Tingkat SMP Bengkalis Tahun 2019 Ini Menurun
istimewa
Bupati Bengkalis Amril Mukminin didampingi Kepala Disdik Edi Sakura dan rombongan meninjau pelaksanaan UN SMP dan SD sederajat di Bengkalis, Senin (22/4) 

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Setelah mengumumkan hasil kelulusan siswa tingkat SMP di kabupaten Bengkalis, Rabu siang kemarin, tingkat Kelulusan SMP Bengkalis untuk Riau berada diurutan lima. Peringkat ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang berada di peringkat tiga.

Hal ini diungkap Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Bengkalis Rendi Fernanda kepada tribun, Kamis (30/5) siang.

Menurut dia penurunan terjadi kemungkinan disebabkan karena hampir 50 persen sekolah tingkat SMP di Bengkalis pada tahun ini sudah menggunakan sistem ujian nasional berbasis komputer.

"Tahun ini 76 sekolah sudah UNBK, kemungkinan penurunan peringkat kelulusan kita terjadi di sana. Karena faktor persiapan yang kurang matang, dan bisa jadi tingkat kejujuran yang cukup tinggi dengan menggunakan UNBK ini mempengaruhi nilai UN yang hasilkan siswa," terangnya.

Baca: Terdakwa Pengangkut TKI Ilegal Diperairan Bengkalis Divonis 8 Tahun Penjara

Rendi mengatakan, dari jumlah siswa tingkat SMP yang terdaftar dalam nominasi tetap peserta Ujian Nasional tingkat SMP Bengkalis sebanyak 11.606 pelajar.

Namun ada sebanyak 62 orang pelajar yang dinyatakan tidak lulus Ujian Nasional.

Mereka yang tidak lulus ini dikarenakan tidak mengikuti Ujian Nasional sama sekali dari awal Ujian Nasional, sementara namanya terdaftar sebagai siswa peserta ujian.

"Mereka sebanyak 62 orang ini tidak ikut ujian ini dipastikan tidak lulus," kata dia.

Rendi mengatakan, mereka yang tidak mengikuti ujian ini memang memiliki berbagai alasan.

Baca: KPP Bea Cukai Bengkalis Musnahkan Bawang Merah, Polres Inhu Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Narkoba

Di antaranya ada yang berhenti, ada yang pindah keluar daerah, bahkan ada yang memang sejak awal tidak mau ikut ujian.

"Padahal mereka yang sejak awal tidak mau ikut ujian, sudah didatangi pihak guru ke rumahnya. Namun tetap tidak mau mengikuti ujian nasional, alasan pribadi mungkin mereka tidak mau menyampaikan ke gurunya mengapa tidak mau ikut ujian," terangnya.

Untuk pengumuman kelulusan kemarin di umumkan langsung di sekolah masing masing. Pengumuman dilakukan pada siang hari.

"Dari informasi yang kita terima tidak ada terdengar mereka melakukan konvoi ataupun coret coret baju," kata Rendi.

Sebelum pengumuman Dinas Pendidikan sebenarnya sudah mengeluarkan edaran ke seluruh sekolah agar siswa tidak melakukan konvoi maupun coret coret baju.

Baca: Humaira Hafiz Indonesia 2019 Asal Bengkalis Riau, Besar di Keluarga Hafiz Al Quran

"Alhamdulillah sampai hari ini belum ada kita terima ada siswa di Bengkalis melakukan hal tersebut. Mudah mudahan tidak ada," tandasnya.(tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved