Pekanbaru

Wali Kota Pekanbaru Sebut Tak Bisa Sendiri Atasi Banjir, Harus Libatkan 3 Daerah Lain & Provinsi

penanganan banjir ini bakal dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten Kampar dalam kordinasi regional Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan.

Wali Kota Pekanbaru Sebut Tak Bisa Sendiri Atasi Banjir, Harus Libatkan 3 Daerah Lain & Provinsi
Tribun Pekanbaru/Guruh Budi Wibowo
Walikota Pekanbaru, Firdaus MT 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Banjir sempat memggenangi sejumlah wilayah di Kota Pekanbaru, Kamis (13/6/2019). Satu kawasan terkena dampak adalah Kecamatan Tampan.

Banjir di kawasan itu adalah dampak dari luapan air dari aliran Sungai Bintungan. Kondisi ini terjadi karena ada penyempitan di aliran sungai yang berbatasan dengan Kabupaten Kampar.

Walikota Pekanbaru, Firdaua MT menyebut bahwa penanganan banjir tidak bisa dilakukan sendirian oleh pemerintah kota.
Penanganan banjir harus tuntas dari hulu hingga hilir.

"Jadi pernasalahannya tidak cuma di hulu saja. Perlu dituntaskan di kawasan hilirnya, tapi itu ada di wilayah Kabupaten Kampar," jelasnya kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (13/6/2019).

Baca: FOTO: Hujan Semalaman, Ruas Jalan di Rumbai Pesisir Pekanbaru Tergenang Banjir

Ia menyebut penanganan banjir ini bakal dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten Kampar dalam kordinasi regional Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan. Upaya penanganan banjir juga melibatkan Pemerintah Provinsi Riau.

Ada kordinasi antara Bappeda, Dinas PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup masing-masing daerah untuk menangani banjir sesuai tugasnya. Ia menargetkan solusi banjir ini sudah dibahas pada 2019 ini.

"Jadi ini masalah regional, kita berada di hulu. Saat hilir tidak tuntas, banjir bakal tetap terjadi," paparnya.

Firdaus menyebut tidak cuma terjadi di Kota Pekanbaru. Tapi ada di sejumlah wilayah di Indonesia. Sebab curah hujan masih tinggi hingga masih berdampak bagi sejumlah daerah yang rawan banjir.

Baca: FOTO: Hujan Semalaman, Ruas Jalan di Rumbai Pesisir Pekanbaru Tergenang Banjir

Firdaus pun mengimbau agar masyarakat bisa mewaspadai genagan banjir. "Jadi kita antisipasi bersama, tidak cuma pemerintah saja, tapi masyarakat juga ikut," jelasnya. (Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

Penulis: Fernando
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved