Minta Warga Tak Bakar Lahan, Damkar Bengkalis Sampaikan Imbauan ke Desa-desa

Sampai saat ini belum ada titik api ditemukan di Kabupaten Bengkalis. Namun tindakan antisipatif tetap dilakukan agar karhutla tidak terjadi.

Minta Warga Tak Bakar Lahan, Damkar Bengkalis Sampaikan Imbauan ke Desa-desa
Istimewa
Peristiwa karhutla beberapa waktu lalu di Riau. 

tribunpekanbaru.com - Dinas Pemadam kebakaran (Damkar) Bengkalis memastikan kondisi Bengkalis sampai saat ini masih aman dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Belum ada titik api yang ditemukan sejak sepekan terakhir.

Hal ini diungkap Kepala Damkar Bengkalis, Djamaluddin, kepada tribun Rabu (10/7) siang.

"Sampai hari ini (kemarin) masih aman, belum ada kejadian dan laporan Karhutla belum ada kita terima," ungkap dia.

Meskipun belum ditemukan adanya titik api di Bengkalis, namun pihaknya masih menyiagakan personel Damkar Bengkalis, baik di markas Bengkalis maupun di seluruh kecamatan. Ini dilakukan mengingat cuaca sejak beberapa pekan terakhir mulai panas.

"Cuaca cukup panas, apalagi beberapa kabupaten lain seperti Rohil, Dumai, sudah bermunculan titik api, sehingga kita juga harus siaga. Sebanyak 182 personel dalam keadaan siaga," terang Djamaluddin.

Menurut dia, selain bersiaga, pihaknya juga sudah melakukan imbauan ke desa-desa agar tidak membakar lahan di saat musim panas seperti saat ini. Bahkan imbauan agar tidak membakar di kebun juga dibantu pihak perangkat desa, karena perangkat desa sangat memahami kalau kondisi cuaca seperti ini api mudah tersulut dan membesar.

"Kita sampaikan imbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran di musim panas. Dibantu juga oleh pihak desa, mudah-mudahan bisa meminimalisir terjadinya Karhutla," harapnya. (sir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved