Breaking News:

MV Indra Bupala Rute Singapura-Lobam Kandas, Tim SAR Sukses Selamatkan 40 Penumpang

Kapal tersebut kandas di perairan Bintan, saat berlayar dari Singapura menuju Lobam. Tim SAR langsung bergerak cepat mengevekuasi penumpang.

Penulis: rinaldi | Editor: rinaldi
tribun batam
Tim SAR mengevakuasi penumpang kapal MV Indra Bupala yang kandas di Perairan Lobam, Bintan, Senin (15/7). Seluruh penumpang berjumlah 40 orang selamat. 

tribunpekanbaru.com - Basarnas Tanjungpinang, Kepulauan Riau, berhasil mengevakuasi 40 penumpang Kapal MV Indra Bupala rute Singapura-Lobam, yang kandas di Perairan Lobam, Kabupaten Bintan, Senin (15/7). Semua penumpang berhasil selamat dan dalam kondisi baik.

"Para penumpang sudah dievakuasi ke Pelabuhan Lobam. Alhamdulillah semuanya dalam kondisi sehat," kata Kasi Operasional SAR Tanjungpinang, Eko Supriyanto, Senin (15/7).

Sementara kru kapal MV Indra Bupala yang berjumlah delapan orang, sampai sore kemarin masih berada di kapal untuk menunggu pasang laut, yang diharapkan bisa melepaskan kapal dari kandas.

Menurut Eko, kapal yang rutin melayari jalur Singapura-Lobam itu, kandas dengan jarak sekitar 2 NM dari pelabuhan tujuan. Kondisi cuaca saat itu hujan deras disertai petir.

"Informasi kejadian ini kami terima dari pelapor bernama Lina pada pukul 08.25 WIB. Beberapa saat kemudian unsur SAR gabungan langsung menuju lokasi," ungkap Eko.

Unsur SAR gabungan yang melakukan evakuasi meliputi SAR Tanjungpinang, PLP Tanjung Uban, Ditpolair Polda Kepri, serta Pos Angkatan Laut Tanjung Uban.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP), Mu'min Maulana mengatakan, kapal tersebut berangkat dari Singapura menuju Lobam. Namun kapal kandas ketika berada di perairan Bintan.

Para penumpang dan yang berada di kapal tersebut terdiri dari warga Singapura 16 orang, Indonesia 2 orang, Malaysia 12 orang, Filipina 2 orang, Jepang 1 orang, India 3 orang, Australia 2 orang, Inggris 1 orang, dan Prancis 1 orang. (rin/rol)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved