Deteksi Dini Flek Hitam di Wajah

KEHADIRAN flek hitam di wajah memang sangatlah mengganggu karena dapat mengurangi rasa percaya diri.

Deteksi Dini Flek Hitam di Wajah
RS Awal Bross
Dokter Spesialis Kulit san Kelamin Rumah Sakit Awal Bros Panam dr Faridah Israwaty Lubis SpKK 

Deteksi Dini Flek Hitam di Wajah

KEHADIRAN flek hitam di wajah memang sangatlah mengganggu karena dapat mengurangi rasa percaya diri. Sebelum flek hitam ini tumbuh, ada baiknya dilakukan deteksi dini sebelum terlambat.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Awal Bros Panam dr Faridah Israwaty Lubis SpKK menjelaskan, flek hitam di wajah bisa dimbul karena adanya hiperpigmentasi pada kulit. Hipergimentasi bisa dibilang proses penggelapan pada bagian kulit tertentu (biasanya kulit wajah) yang disebabkan meningkatnya proses produksi melanin. Terlalu sering terkena sinar matahari, pengaruh hormon atau bekas jerawat merupakan salah satu penyebabnya.

Dikatakannya, gelap atau tidaknya warna kulit ditentukan oleh banyaknya zat warna (pigmen) yang dinamakan melanin dalam kulit. Jika terlalu banyak melanin dalam tubuh, otomatis warna kulit akan menjadi lebih gelap, ada kalanya produksi melanin menjadi lebih banyak hingga membuat warna kulit menjadi lebih gelap untuk melindungi kulit akibat berbagai kerusakan. seperti paparan sinar ultraviolet (UV) matahari yang berlebihan dan peradangan, bekas jerawat, perubahan hormonal, atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa membuat kulit menjadi lebih gelap.

‘’Perubahan warna kulit mungkin paling mudah dilihat dari wajah. Jika ada noda, flek, atau bintik hitam di wajah, itu bisa saja ditimbulkan oleh salah satu penyebab di atas. Bintik hitam di wajah memang bukan hal yang diinginkan oleh setiap orang, terutama kaum wanita,’’ kata dr Faridah.

Untuk mencegah flek hitam semakin menggelap, gunakan tabir surya dengan SPF yang tidak kurang dari 15 setiap pagi, lima menit setelah Anda mengaplikasikan pelembap. Jika Anda rutin melakukan beberapa langkah di atas, tunggu enam sampai delapan minggu untuk melihat hasil menghilangnya

‘’Banyak sekali penyebab flek hitam di wajah ini, di antaranya faktor keturunan, paparan langsung sinar matahari secara terus-menerus, bekas jerawat, hormon yang tidak seimbang, kekurangan mineral, efek samping obat-obatan, kurang vitamin, stress, menopause, penggunaan kosmetik berbahan kimia yang mengandung zat merkuri dan asam salisilat,’’ terang dr Faridah.

Pada kesempatan itu, dr Faridah memberikan tips bagaimana menghilangkan flek hitam di wajah

1. Banyak minum air putih

Air putih selain berperan untuk menghindari dehidrasi, juga penting untuk menjaga kelembaban kulit dan membantu mencegah munculnya flek hitam serta penuaan dini. Minumlah cukup air untuk tubuh sekitar 2 liter per hari.

2. Buah-buahan yang mengandung vitamin C dan E

Halaman
12
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved