Breaking News:

Berita Riau

VIDEO: Latihan Ditengah Kabut Asap, Paskibraka Riau Mulai Keluhkan Sesak Nafas

Ditengah bencana kabut asap yang melanda Kota Pekanbaru, puluhan pasukan Paskibraka Provinsi Riau terpaksa melaksanakan latihan dengan mengenakan

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ditengah bencana kabut asap yang melanda Kota Pekanbaru, puluhan pasukan Paskibraka Provinsi Riau terpaksa melaksanakan latihan dengan mengenakan masker, Selasa (6/8/2019).

Sebanyak 36 siswa SMA se Kabupaten Kota yang terpilih menjadi anggota Paskibraka Riau.

36 Siswa ini ditunjuk menjadi pasukan pengibar bendara saat peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus mendatang.

Sebelum pelaksanaan pengibaran bendera pada tanggal 17 Agustus, seluruh anggota Paskibraka ini rutin menggelar latihan di halaman kantor Gubernur Riau.

Mereka dilatih baris berbaris oleh anggota TNI. Namun pada latihan kali ini tampak agak berbeda. Selain mengenakan segaram baju kaos lengan panjang dan celana training bewarna merah, seluruh anggota Paskibraka ini juga tampak kompak mengenakan masker.

Mereka terpaksa menggunakan masker, karena di lokasi mereka latihan, di halaman Kantor Gubenur Riau, memang udaranya sedang terpapar kabut asap.

Baca: VIDEO: Mahasiswa di Pekanbaru Gelar Aksi Terkait Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau

Baca: Daftar Karhutla Tiap Kabupaten, Sudah 4,5 Ribu Hektare Lahan Terbakar di Riau dan Asap Makin Pekat

Baca: Gubri Syamsuar Rapat Karhutla di Istana Negara, Jokowi Sebut Kabut Asap sudah Ganggu Negara Tetangga

Bau asap terasa menyengat dan membuat mata perih. Sehingga para anggota Paskibraka ini terpaksa menggunakan masker agar terhindar dari penyakit saluran pernapasan.

Meski saat ini Kota Pekanbaru sedang dilanda kabut asap, namun tidak menyurutkan para anggota Paskibara ini untuk melaksanakan latihan. Ditengah udara yang terpapar kabut asap, mereka tetap semangat untuk menjalani latihan baris-berbaris.

"Iya, memang terasa sekali kabut asapnya disin, tapi tidak masalah, kita harus tetap semangat latihan," kata Kevin seorang anggota Paskibraka Riau yang ikut dalam latihan baris-berbaris di halaman kantor Gubernur Riau, Selasa (6/8/2019).

Meski mengaku tidak masalah dengan adanya kabut asap, namun para anggota Paskibraka ini tidak menapik jika kondisi pernapasan mereka saat ini mulai terganggu. Terlebih saat latihan diluar ruangan yang udaranya terpapar kabut asap.

"Nafas agak sesak, makanya kita semua pakai masker, supaya tidak menghirup kabut asap, nanti pas istirahat kami lepas, kalau udah latihan baru kami pakai lagi," katanya.

Seperti diketahui, sejak beberapa hari belakangan ini sejumlah wilayah di Riau sedang dilanda kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Berdasarkan catatan Satgas Karhutla Riau, total luas lahan yang terbakar di Riau sejak januari 2019 hingga, Minggu (4/8/2019) mencapai 4.376 hektare. Paling luas adalah Kabupaten Bengkalis yang mencapai 1.475 hektare.

Kemudian disisil Rohil diurutan kedua dengan luas lahan terbakar mencapai 992 hektare, selanjutnya di kabupaten Siak 531 hektare, Inhil 388 hektare, Dumai 303 hektare, Meranti 232 hektare, Pelalawan 150 hektare, Kampar 108 hektare, Inhu 101 hektare, Pekanbaru 84 hektare, Kuansing 5 hektare dan yang paling sedikit adalah Rohul 2 hektare. ( Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved