Tak Hanya Menulis, Blogger Pekanbaru Juga Peduli Bencana Kabut Asap

Komunitas Blogger Pekanbaru bersama Yayasan Doktor Sjahrir dan The Climate Reality Project lakukan aksi bagi - bagi masker gratis

Tak Hanya Menulis, Blogger Pekanbaru Juga Peduli Bencana Kabut Asap
ist
komunitas Blogger pekanbaru bagikan masker 

TRIBUNPEKANBARU.COM, Pekanbaru - Tak hanya gemar menulis dan sharing content, Komunitas Blogger Pekanbaru bersama Yayasan Doktor Sjahrir dan The Climate Reality Project lakukan aksi bagi - bagi masker gratis di beberapa area publik yang ada di Kota Pekanbaru.

Aksi sosial itu di lakukan, sebagai bentuk pencegahan terhadap dampak yang ditimbulkan akibat asap kebakaran hutan dan lahan dibeberapa Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Riau.

Perwakilan Yayasan Doktor Sjahrir Katerina dari Jakarta menjelaskan bahwa Aksi ini diadakan sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana yang ditimbulkan akibat kebakaran hutan dan juga bertujuan meminimalisir kabut asap di Pekanbaru.

"Sebagai bentuk kepedulian dan bertujuan meminimalisir dampak dari kabut asap, kami bersama Blogger Pekanbaru dan juga The Climage Reality Project melakukan aksi bagi masker gratis kepada masyarakat." jelasnya, Selasa (13/8/2019).

Katerina yang juga seorang travel blogger ini juga menambahkan bahwa aksi sosial ini dilaksanakan secara bertahap di beberapa tempat seperti Pasar, Sekolah, dan beberapa area publik lainnya.

"Ada beberapa lokasi yang menjadi tempat pembagian aksi sosial kami. Dan akan dilakukan secara bertahap di beberapa tempat, seperti hari ini di pasar dan untuk pengendara motor. Jumlahnya sendiri sekitar 2600 masker yang teridir dari N95 juga masker carbon" tambah Katerina.

Di tempat yang sama, salah seorang blogger Pekanbaru Andrew Pradana menyampaikan bahwa dengan adanya pembakaran lahan yg teru smeluas di kabupatenkota di Provinsi Riau, membawa dampak yang merugikan bagi masyarakatnya, seperti banyaknya yang terkena penyakit ISPA akibat dan beberapa kerugianlainnya.

"Dampak yang diakibatkan kebakaran hutan dan lahan ini cukupserius, dari informasi DinasKesehatan saja sudah banyak yang terkena penyakit ISPA belum lagi dampak kerugian lainnya. Oleh sebabitu Blogger Pekanbaru mencoba membantu mengurangi dampak kabut asap tersebut melalui pembagian masker. Dengan harapan masker itu bisa digunakan masyarakat untuk beraktifitas di luar ruangan.

Selainmemberikan masker, blogger Pekanbaru juga berusahamemberikanpemahamantentangdampakkabut asap pada masyarakat yang beraktivitas di luarruangan.

"Masih banyak masyarakat yang tidak peduli dengan kesehatannya. Sebagai contoh banyak masyarakat ataupun penjual yang ada di pasar tidak menyadari pentingnya menggunakan masker untuk kesehatan mereka. Kalau sudah sakit tentunya juga merugikan diri sendiri dan ekonomi keluarga mereka. Aksi masker ini hanya membantu agar mereka juga peduli dengan kesehatan mereka", ungkap Andrew.

Seperti yang kita ketahui, hampir satu bulan belakangan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau terus meluas. Pemerintah dan stakeholder terkait juga dibantu oleh masyarakat hingga kini terus bekerjakeras untuk memadamkan api yang ada lahan gambut Riau.

"Tak banyak memang yang bisa dilakukan oleh orang awam, oleh sebab itu marilah kita bersama - sama untuk peduli. Minimal untuk diri kita sendiri dengan menggunakan masker saat berpergian dan beraktivitas di luarruangan. Sama sama pula kita mendoakan agar bencana kebakaran lahan ini cepat usai. Dan juga kita berdoa semoga semua petugas yang kini berusaha memadamkan api juga diberikan kesehatan dan penuh semangat," tutup Andrew.

Editor: Muhammad Ridho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved