Berita Riau

Wendy Terpedaya,Rp 60 Juta Melayang,Penipu Minta Transfer Uang Tebus Tas Berisi Uang dan Emas

Bermodal pura-pura menjadi teman korbannya, komplotan penipu berhasil mengelabui Wendy hingga menderita kerugian Rp 60 juta dan pulsa.

Wendy Terpedaya,Rp 60 Juta Melayang,Penipu Minta Transfer Uang Tebus Tas Berisi Uang dan Emas
Istimewa
Tiga pelaku penipuan online via telpon yang diringkus Satreskrim Polres Pelalawan beserta barang bukti saat diamankan di Mapolres. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Bermodal pura-pura menjadi teman korbannya, komplotan penipu berhasil mengelabui Wendy hingga menderita kerugian Rp 60 juta dan pulsa.

"Jadi ini kategori penipuan online via telepon, minta uang dan pulsa. Ibarat kasus mama minta pulsa yang dulu pernah ramai," ungkap Kapolres Pelalawan, AKBP Kaswandi Irwan SIK, Minggu (18/8/2019).

Awalnya, Wendy yang tinggal di Komplek PT RAPP Pangkalan Kerinci menerima telepon dari seseorang yang mengaku temannya, Kamis (4/8) malam.

Setelah diangkat si penelpon mengatakan kenal korban, sebelum menyebutkan namanya. Alhasil korban menebak berdasarkan suara penelpon dan menyebut seorang rekannya bernama Hance. Pelaku mengiyakan.

Pelaku dan korban pun mengobrol ibarat yang sudah kenal dan berteman. Pelaku menyatakan bahwa dia menemukan sebuah tas di satu SPBU yang berisi uang dan emas.

Tersangka hendak membagi uang dalam tas tersebut ke panti asuhan, tetapi ia menitipkan ke karyawan SPBU.

Namun uang yang di dalam tas itu malah dibagi-bagi oleh sesama karyawan SPBU, sedangkan untuk memintanya kembali harus diberikan sejumlah uang sebagai ucapan terimakasih.

"Jadi korban terlena dengan ucapan pelaku, karena merasa sebagai teman akhirnya ia mau membantu. Padahal itu siasat penipuan dari tersangka," tambah Kapolres Kaswandi.

Pelaku meminta ditransfer sejumlah uang dari korban untuk diberikan kepada karyawan SPBU sebagai tebusan tas berisi uang dan emas itu.

Korban menyanggupinya dan selama proses pengiriman uang, korban diperdaya dengan bercerita banyak dengan pelaku hingga ia kembali mentransfer uang dan pulsa. Total seluruh uang dan pulsa yang dikirimkan mencapai Rp 60 juta.

Halaman
123
Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved