Tiga Hari Berturut Bagikan Masker, Ini Dia Aksi Sosial KMSB-BKA di Pekanbaru

Para relawan tidak hanya membagikan masker, tapi juga membagikan air mineral dan vitamin, agar kesehatan warga tak gampang terpengaruh kabut asap.

Tiga Hari Berturut Bagikan Masker, Ini Dia Aksi Sosial KMSB-BKA di Pekanbaru
istimewa
Relawan KMSB-BKA membagikan masker kepada warga Pekanbaru. Aksi sosial ini dilaksanakan selama tiga hari sejak Minggu (18/8) sampai Selasa (20/8) ini. 

tribunpekanbaru.com - Para relawan yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Bersatu Bantu Korban Asap (KMSB-BKA), membagi-bagikan masker, air mineral, dan vitamin kepada warga di beberapa titik di Pekanbaru.

Kegiatan sosial ini dilaksanakan selama tiga hari, dimulai Minggu (18/8) lalu bertepatan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di pertigaan Jalan Gajah Mada. Kegiatan ini digelar selama tiga hari berturut sampai Selasa (20/8) ini.

Selain itu, pembagian masker, air mineral, dan vitamin juga dilakukan kepada warga yang melintas di Jalan Diponegoro, tepatnya di kawasan Tugu Pahlawan Perjuangan. Sedangkan pada Senin (19/8) dan Selasa ini, pembagian akan dilakukan di beberapa titik lain di Pekanbaru, di antaranya di lampu merah depan Polda Riau.

Pembina dan koordinator relawan, Jhonny Alprado menyebutkan, aksi kemanusiaan ini murni swadaya para relawan untuk membantu warga yang terdampak kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kabut asap tersebut membahayakan kesehatan warga pada umumnya, khususnya anak-anak.

"Mereka menghirup udara yang tercemar beragam partikel karhutla yang bercampur dengan asap. Itu sangat berbahaya bagi paru-paru. Makanya perlu masker agar semua itu tidak terhirup," terangnya.

Jhonny mengatakan, selama tiga hari aksi sosial ini, ada 17.000 masker yang dibagikan gratis. Aksi ini rencananya akan dilanjutkan ke sejumlah daerah di Riau seperti di Pelalawan dan Siak, yang terkena imbas karhutla lebih parah dari Pekanbaru.

"Di sana kita lihat perlu perhatian khusus. Kami menemukan data sudah ribuan warga di sana terdampak kabut asap ini," tuturnya.

Terpisah, Direktur Eksekutif KMSB-BKA, Moh Mahmudi mengatakan, kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk mendesak pemerintah agar lebih memerhatikan warga, dan melihat berbagai aspek yang ditimbulkan kabut asap. Dia juga mengajak warga yang mampu ikut berpartisipasi secara sukarela dalam gerakan sosial ini. (rin)

Penulis: rinaldi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved