Dinkes Inhil Buka Pos Kesehatan Dampak Kabut Asap, Warga Bisa Langsung Datang

Dinas Kesehatan Inhil membuka posko dampak kabut asap di Tembilahan. Warga yang terdampak asap bisa langsung datang ke posko ini.

Dinkes Inhil Buka Pos Kesehatan Dampak Kabut Asap, Warga Bisa Langsung Datang
tribun pekanbaru
Posko kesehatan dampak kabut asap dibuka Dinkes Inhil di Jalan M Boya Tembilahan, Minggu (15/9). 

tribunpekanbaru.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) membuka Posko Kesehatan dampak kabut asap. Sabtu (14/9) lalu, Posko yang berlokasi di Jalan M Boya Tembilahan itu, sudah mulai beroperasi dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, H Zainal Arifin menuturkan, pendirian posko ini lebih ditujukan kepada pengaduan masyarakat yang terkena dampak kabut asap.

“Pengaduan warga yang terkena dampak, sehingga kita bisa instruksikan Puskesmas dan Puskesmas Pembantu untuk turun ke lapangan," jelas Zainal, Minggu (15/9).

Bagi warga yang ingin mendapatkan pengobatan atau ada keluhan, Zainal Arifin mempersilahkan untuk langsung datang ke posko yang terletak di samping Kantor Dinkes Inhil ini.

"Bagi masyarakat atau kelompok masyarakat yang ingin mendapatkan masker, silahkan datang ke Posko mengajukan permohonan bantuan masker," ujarnya.

Bagi warga yang terkena dampak kabut asap, bisa segera melapor ke Posko terdekat yakni Puskesmas dan Pustu, sehingga cepat mendapat pertolongan dari petugas kesehatan.

Selain di Tembilahan, beberapa Puskesmas di Inhil juga telah mendirikan posko kesehatan dampak karhutla. Seperti Puskesmas Mandah yang bersinergi bersama Subsatgas 8 Tim 9 Kodim Inhil mendirikan Posko Karhutla di beberapa titik di Kecamatan Mandah, Inhil, Minggu (15/9).

Kepala UPT, Hj Turiah mengatakan, penyediaan Posko Kesehatan Karhutla ini menyikapi kabut asap yang terjadi saat ini.

“Kita dibantu Babinsa Subsatgas 8 Tim 9 khususnya di wilayah desa yang rawan seperti Desa Igal, Desa Bolak Raya, Desa Bente, Desa Belaras Barat, yang juga Wilayah kerja Puskesmas,” ujar Turiah.

Pjs Danramil 08/Mandah, Pelda Suryadi mengatakan, posko-posko karhutla yang disiapkan berada pada titik-titik daerah kebakaran yang terjadi saat ini. “Kita harapkan masyarakat mengurangi aktivitas di luar ruangan dan banyak minum air putih,” ujarnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved