Pemadaman Karhutla di Tempuling Dibantu Heli Bom Air, Sekitar 60 Anggota TNI Disebar di Inhil

Heli bom air dari BPBD membantu pemadaman karhutla di wilayah Tempuling, Inhil, melalui udara. Bom air dijatuhkan di lokasi yang sulit dijangkau.

Pemadaman Karhutla di Tempuling Dibantu Heli Bom Air, Sekitar 60 Anggota TNI Disebar di Inhil
tribun pekanbaru
TNI bersama masyarakat memadamkan karhutla di Kecamatan Tempuling, Inhil. Di wilayah ini, pemadaman juga dibantu heli bom air. 

tribunpekanbaru.com - Satu unit helikopter bom air dikerahkan untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Tempuling, Inhil.

Helikopter bantuan BPBD Riau ini melakukan bom air untuk memadamkan api di lokasi yang sangat sulit dijangkau Tim Satgas Karhutla dari darat.

Pasi Ops Kodim 0314/Inhil, Kapten (Inf) Tarmizi menuturkan, Sabtu (14/9) lalu helikopter tersebut sudah tiba dan sudah menyiram dari udara.

“Alhamdulillah heli sudah tiba dan sudah penyiraman dari udara. Heli tersebut diarahkan memadamkan di Pangkalan 7, Tempuling, karena di situ yang paling sulit diatasi karena tidak ada persediaan air yang bisa disedot mesin untuk memadamkan api,” ujarnya, Minggu (15/9).

Tarmizi yang juga memimpin pemadaman karhutla di wilayah Parit Minang Kecamatan Tempuling mengatakan, sekitar 60 lebih anggota dan staf Kodim Inhil, bahkan para perwira, dikerahkan untuk membantu Koramil dan jajaran Kodim 0314/Inhil, yang di wilayahnya terdeteksi titik api. Di antaranya adalah Koramil 12/Batang Tuaka, dan Koramil 03/Tempuling.

“Untuk di Tempuling memang paling banyak titik apinya. Namun di Tempuling kita dapat bantuan personel dari Yon Arhanudse 13 sebanyak 15 personel. Jadi untuk anggota Kodim lebih banyak dikerahkan ke wilayah Batang Tuaka,” jelasnya.

Tarmizi berharap, dengan adanya bantuan personel dari Yon Arhanud dan didatangkannya helikopter bom air, api bisa segera padam. “Kita mohon kepada para Kepala Desa agar menggerakkan masyarakatnya untuk membantu kami,” katanya lagi. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved